Sunday, April 4, 2010

TNI Bangun Jalan Tol di Kongo

Salah satu petinggi MUNOC, Jenderal Jean Michel berkunjung ke Bumi Siliwangi Camp, Kongo. Kedatangannya adalah untuk meninjau jalan Dungu-Faradje yang tengah dikerjakan oleh Kontingen Garuda XX-G. (Foto: Puspen TNI)

03 April 2010, Kongo -- Kunjungan demi kunjungan dilakukan oleh para pejabat tinggi MONUC (Mission de I’Organisation des Nations Unies en Republique Democratique du Congo) terhadap pekerjaan jalan oleh Kontingen Garuda XX-G sepanjang 155 Km, membuktikan bahwa pekerjaan jalan Dungu – Faradje begitu penting.

Kali ini, orang nomor tiga MONUC – Jenderal Jean Michel (Destribats Chief of Staff) dari Francis berkunjung ke Dungu, dengan tujuan melihat perkembangan pekerjaan jalan Dungu – Faradje yang dikerjakan oleh Kontingen Garuda XX-G, Jum’at (2 April 2010). Selain itu, Jenderal Jean ingin melihat dari dekat Bumi Siliwangi Camp yang berada di dekat Bandara Udara Dungu – Kongo.

Dalam kunjungannya ke Dungu, Jenderal Jean langsung meninjau jalan Dungu – Faradje dengan didampingi oleh Kolonel Tariq Rafiq (Deputy Chief of Staff) dari Pakistan, Mr. Farooq (Engineering Section wilayah Dungu), Kolonel Ibrahim Sabir (Wakil Komandan Batalyon Marocco) dan Komandan Kontingen Garuda XX-G Letkol Czi Arnold A.P. Ritiauw.

Setelah melihat langsung dari dekat, Jenderal Jean sangat terkejut karena tidak menyangka jalan yang dikerjakan oleh prajurit TNI Konga XX-G sangat bagus sekali.




Jenderal Jean mengatakan kepada para pejabat yang ikut dalam kunjungannya bahwa Kontingen Garuda XX-G bukan membangun jalan biasa, tapi membangun High Way (Jalan Tol) di tengah hutan belantara Kongo, karena jalan yang di buat ini mempunyai kelebaran sekitar 20 m dan panjangnya sekitar 155 Km dengan permukaan jalannya sangat mulus.

Dalam kesempatan itu pula Jenderal Jean melihat dari dekat Mohammad Toha Camp yang didirikan oleh prajurit TNI untuk tinggal sementara para operator dan alat beratnya. Camp ini selalu berpindah-pindah per 15 Km mengikuti kemajuan pekerjaan jalan yang dikerjakan. Walaupun Muhammad Toha Camp cukup sederhana, namun Jenderal Jean memuji kelayakan dan kebersihan di dalam dan di sekitar Camp tersebut.

Dalam kunjungannya ke Bumi Siliwangi Camp, Jenderal Jean disambut dengan jajaran kehormatan oleh anggota Satgas Zeni TNI, dan di arahkan ke ruangan pertemuan untuk mendengarkan paparan Komandan Kontingen Garuda XX-G – Letkol Czi Arnold A.P. Ritiauw tentang pekerjaan jalan Dungu – Faradje dan proyek-proyek lain yang sedang dikerjakan oleh Satgas Zeni TNI.

Acara paparan yang juga dihadiri Wakil Komandan Satgas – Letkol Czi Ubaidillah dan seluruh perwira Staf Kizi TNI ini diakhiri dengan makan malam bersama, dengan menampilkan kesenian tradisional Indonesia yaitu Arumba dan Rampak Gendang.

Sebelum menutup acara makan malam, Komandan Kontingen memberikan kenang-kenangan kepada Brigjen Jean Michel dan Kolonel Tariq berupa patung miniatur TNI dan Pin yang langsung dikenakan ke baju kedua pejabat tersebut.

Puapen TNI/POS KOTA

No comments:

Post a Comment