Wednesday, April 7, 2010

Pemerintah Setuju Bentuk Kodam di Kalbar


06 April 2010, Jakarta -- Pemerintah menyetujui pembentukan kodam baru yang akan beroperasi di wilayah Kalimantan Barat. Operasionalnya diserahkan sepenuhnya pada TNI.

Hal ini disampaikan oleh Menhan Purnomo Yusgiantoro kepada wartawan seusai pertemuan dengan tokoh OPM di Jakarta, Selasa (6/4).

"Yang sedang kita kerjakan adalah membangun kodam di Kalimantan Barat. Itu ada dalam cetak biru kita," ujar Menhan.

Ia menyatakan operasionalisasi kodam tersebut tergantung pada kesiapan TNI. ia meyakini jika pembangunan kodam tidak bisa dilakukan secara cepat. Perlu ada koordinasi dengan pihak-pihak terkait, misalnya pemerintah daerah.

"Mereka juga harus koordinasi dengan gubernur karena membangun sebuah sistem tidak harus cepat. Prinsipnya kita memberikan persetujuan pembangunan dua kodam di Kalimantan," jelasnya.

Kadispen TNI AD Brigjen Bambang Widjonarko menambahkan bahwa pembentukan kodam tersebut tidak disertai penambahan personel. TNI hanya menata personel yang ada. Wilayah kodam baru yang dinamai Kodam VI/Mulawarman meliputi Kalimantan Timur dan Kalimantan Selatan. Sementara, Kodam XII/Tanjungpura meliputi wilayah Kalimantan Tengah dan Kalimantan Barat.

"Tugas antara lain menjaga dan mengamankan kedaulatan NKRI di wilayahnya," tandasnya.

MI.com

No comments:

Post a Comment