Tuesday, April 6, 2010

Personel KRI Dewaruci Suguhkan Tarian di India

Kapal perang Republik Indonesia (KRI) Dewaruci. (Foto: koarmabar.mil.id)

06 April 2010, Surabaya -- Para personel Kapal perang Republik Indonesia (KRI) Dewaruci yang melakukan perjalanan muhibah ke sejumlah negara di Eropa menyuguhkan tari-tarian budaya nusantara saat singgah di India, Senin malam waktu setempat.

Kepala Dinas Pen Komando Armada RI Kawasan Timur (Koarmatim) Letkol Laut Toni Syaiful di Surabaya, mengatakan, para personel kapal perang jenis kapal latih itu akan menyuguhkan Tari Rampak dan Tari Badindin dari Padang, Tari Perang dari Papua, Tari Rampak Gendang dari Jawa Barat, dan Reog Ponorogo dari Jatim.

"Sebelumnya para personel KRI Dewaruci itu telah mengikuti acara `cocktail party`," katanya.

KRI Dewaruci yang ditumpangi 88 personel TNI Angkatan Laut dengan didominasi para kadet Akademi Angkatan Laut (AAL) itu disambut Atase Pertahanan RI di India, Kolonel Laut (E) I Putu Arya Angga S beberapa saat setelah merapat di Dermaga Pelabuhan Cochin, India, Sabtu (3/4).

Kapal perang yang dikomandani Letkol Laut (P) Suharto itu juga disambut satu peleton korsik Angkatan Laut India.

"Keberadaan KRI Dewaruci di India disamping untuk melaksanakan beberapa rangkaian kegiatan, juga akan melaksanakan bekul (bekal ulang) bahan makanan dan BBM sebelum meneruskan pelayaran ke Salalah, Oman," kata Toni.

KRI Dewaruci akan mengarungi samudera selama sembilan bulan dengan menempuh jarak 24.676 mil laut atau sekitar 45.650 kilometer.

Kapal itu melewati rute Surabaya, Jakarta, Sabang, Cochin (India), Salalah (Oman), Jeddah (Arab Saudi), Portsaid (Mesir), Volos (Yunani), Varna (Bulgaria), Istambul (Turki), Lavrion (Yunani), Tunisia, Aljazair, Malaga (Spanyol), Cherbourg Prancis, Antwerp (Belgia), Aalborg (Denmark), Kristiansand (Norwegia), dan Hartlepool (Inggris).

Kemudian kapal tersebut akan kembali ke Tanah Air melalui Brest (Prancis), Amsterdam (Belanda), Brernerhaven (Jerman), Cadiz (Spanyol), Cagliari (Italia), Aleksandria (Mesir), Jeddah (Arab Saudi), Aden (Yaman), Mumbai (India), Kolombo (Sri Langka), Belawan, Jakarta, dan Surabaya.

Selama melaksanakan pelayaran muhibah ke Eropa, para personel KRI Dewaruci akan mempertahankan sejumlah piala dalam kejuaraan layar pernah dimenanginya, di antaranya, "The Historical Seas Tall Ships Regatta" dengan route: Yunani-Bulgaria-Istambul pada 12 Mei-4 Juni 2010.

Pada tanggal 13 Juli-7 Agustus 2010 mengikuti "The Tall Ships Race" dengan rute Antwerp (Belgia)-Aalborg (Denmark)- Kristiansand (Norwegia)-Hartlepool (Inggris).

Kemudian pada 20-23 Agustus 2010 mengikuti festival "Sail Amsterdam" di Belanda. Pada 25?29 Agustus 2010 bertarung di ajang "Sail Brernerhaven" Jerman. Disusul pada 8-13 September 2010 mengikuti "Festival International Mediferraneo and Velieri di Cagliari" di Italia.

ANTARA News

No comments:

Post a Comment