Thursday, July 8, 2010

KRI Dewaruci Tiba di Perancis


07 Juli 2010, Surabaya -- Setelah melaksanakan sejumlah kegiatan di Kota Malaga, Spanyol dan melaksanakan pelayaran selama enam hari di laut lepas, kapal latih TNI AL jenis Tall Ship (kapal layar tiang tinggi), KRI Dewaruci berada dan sandar di Pelabuhan Kota Cherbourg, Perancis, Rabu (7/7).

Kedatangan KRI Dewaruci yang dikomandani oleh Letkol Laut (P) Suharto selaku Komandan Satuan Tugas (Dan Satgas) Kartika Jala Krida (KJK) Kadet Akademi Angkatan Laut (AAL) Angkatan ke -7 disambut masyarakat dengan sangat antusias. Ini terbukti banyaknya masyarakat setempat yang ingin menyaksikan secara dekat bahkan berkunjung langsung di KRI yang juga merupakan kapal latih para Kadet AAL.

Selama berada di kota ini para Kadet AAL, melaksanakan kegiatan kunjungan ke pejabat/instansi setempat, olahraga persahabatan, cocktail party, melihat langsung situs-situs bersejarah. Dan yang paling menarik perhatian dan memberi hiburan tersendiri dari penduduk setempat adalah penampilan kesenian nasional dan displai Genderang Suling Gita Jala Taruna, kata Gubernur AAL Laksamana Pertama TNI Hari Bowo.

Selama dalam pelayaran ke Eropa ini para Kadet AAL memang telah dilatih dan dibekali berbagai jenis tarian nasional untuk ditampilkan, diantaranya adalah Tari Rampak Gendang (Jabar), Tari Saman (Aceh), Tari Kecak (Bali), dan Kesenian Reog (Ponorogo), serta Tari Badinding, ucap Laksma TNI Hari Bowo lagi.

Menurut rencana, KRI Dewaruci akan meneruskan pelayarannya menuju kota Antwerp, Belgia.

Kegiatan KRI Dewaruci selama sandar di Pelabuhan Le Havre , 4 – 7 Juli 2010 adalah:

1. Minggu, 4 Juli 2010 :

a. Pukul 09.00 : Kapal Bersandar di Pelabuhan Le Havre

b. Pukul 19.30 : Coctail Party (hanya untuk undangan) di KRI Dewaruci dengan menampilkan kesenian Indonesia, yaitu : Tari Perang (Papua), Tari Rantak/Silat (Sumbar), Tari Badindin (Sumbar), Reog Ponorogo (Jatim), Rampak Gendang (Jabar), dan Tari Poco-Poco/Komando.

2. Senin, 5 Juli 2010

a. Courtesy Call ke Pejabat Militer dan Sipil di Le Havre dan Cherbourg.

b. Pukul 10.00 – 17.00 : Open Ship bagi masyarakat umum, atraksi kesenian dan display drumband.

c. Pertandingan olah raga persahabatan dengan personil AL Le Havre.

3. Selasa, 6 Juli 2010

a. Pukul 10.00 – 17.00 : Open Ship bagi masyarakat umum, atraksi kesenian dan display drumband.

b. Courtesy Call kepada Duta Besar/Perwakilan RI di Paris.

4. Rabu, 7 Juli 2010, Pukul 09.00, KRI Dewaruci berlayar meninggalkan Pelabuhan Le Havre.

Pelita/KBRI Paris

No comments:

Post a Comment