Tuesday, May 18, 2010

TNI AU Gelar Latihan "Survival" Tempur


18 Mei 2010, Jakarta -- Komando Operasi I TNI Angkatan Udara kembali menggelar latihan operasi "survival" tempur "Madhi Yudha" untuk memelihara dan meningkatkan kemampuan tempur personel jajarannya, terutama kesiapsiagaan awak pesawat pada pelaksanaan operasi udara.

Panglima Koopsau I Marsekal Muda TNI Eddy Suyanto saat membuka latihan tersebut di Jakarta, Senin (17/5), mengatakan, latihan tersebut akan diikuti sejumlah awak pesawat gabungan dari Lanud Halim Perdanakusuma Jakarta, Lanud Atang Sendjaja Bogor, Lanud PBR Pekan Baru, Lanud Supadio Kalimantan Barat, dan Lanud Surya Dharma Subang.

"Latihan `Survival` Tempur `Madhi Yudha` 2010 bertujuan melatih dan meningkatkan kemampuan fisik dan mental awak pesawat di jajaran Koopsau I agar mampu bertahan hidup sebelum ada pertolongan apabila mengalami keadaan darurat di daerah musuh, serta mampu menjaga kerahasiaan dalam melaksanakan tugas operasi udara," katanya.

Eddy menambahkan, latihan "survival" tempur tersebut dilaksanakan untuk para awak pesawat yang sudah melaksanakan "survival" dasar di masing-masing pangkalan induk. "Itu tingkat tertinggi dan untuk awak pesawat yang belum pernah melaksanakan latihan harus melaksanakan," tuturnya.

Selain sejumlah awak pesawat, latihan yang akan dipusatkan di Jatiluhur, Jawa Barat itu, juga melibatkan personel dan unsur Pasukan Khas TNI Angkatan Udara, yang akan bertindak selaku pelatih dalam kegiatan latihan "survival" tempur tersebut.

Latihan yang berlangsung hingga 20 Mei tersebut memiliki sasaran terwujudnya pemahaman teori SERE, yaitu "survive" untuk bertahan hidup, "evasion" untuk menghindari penangkapan musuh, "resistance" untuk daya tahan tubuh, dan "escape" untuk meloloskan diri.

"Skenario latihan mirip seperti kondisi sesungguhnya ketika operasi pertempuran," tuturnya.

Selain itu, latihan tempur itu juga dimaksudkan meningkatkan kesiapsiagaan operasi dan profesionalisme personel, baik dalam masa damai maupun perang.

SUARA KARYA

No comments:

Post a Comment