Monday, May 17, 2010

Miftah, Siswa Pencipta Senpi


17 Mei 2010, Sidoarjo -- Miftah Yama Fauzan, 16, siswa kelas X SMAN I Sidoarjo meraih penghargaan Satya Lencana Wira Karya. Penghargaan itu diraihnya berkat prestasinya menciptakan senjata api (senpi) laras panjang bernama Electro Magnetic Gun-Maferix (EMG-M4). Penghargaan itu diterima bersama tiga siswa lainnya yang juga menjuarai International Confrence of Young Scientist (ICYS), di Istana Merdeka Jakarta, Selasa (11/5) lalu.

Satya Lencana Wira Karya itu langsung diserahkan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) di sela puncak Peringatan Hari Pendidikan Nasional. Selain presiden, semua menteri hadir di acara tersebut. Miftah bercerita, dirinya seorang diri berangkat menuju Istana Merdeka setelah diberi tahu jika dirinya masuk dalam daftar penerima penghargaan tersebut. Senin (10/5) malam. Seorang staf Kementerian Pendidikan Nasional menghubunginya lewat ponsel mengabarkan berita tersebut.

Dalam acara tersebut, selain Miftah, ada 12 siswa yang menerima penghargaan tersebut dari presiden SBY. Diantaranya tiga siswa yang sama-sama menerima medali emas karena menjuarai ICYS, yang digelar di Sanur Bali, 12-17 April 2010 lalu. Ketiga kolega Miftah ini, yakni Andreas Widi, siswa SMA Santa Laurence Serpong Jabar, Florencia Vanya, siswa SMA Santa Laurence Serpong Bogor dan Ilham, siswa SMA Laboratorium School Jakarta. “Mereka juga meraih medali ICYS, sama seperti saya,”ungkapnya.

Penghargaan itu diraih Miftah berkat senpi ciptaannya yang meraih medali emas ICYS. Senpi laras panjang bernama Elektro Magnetic Gun-Maferix (EMG-M4) ini menyisihkan 104 peserta ICYS yang berasal dari 13 negara.

Surya

No comments:

Post a Comment

Post a Comment