Friday, May 21, 2010

Teroris Berhasil Dilumpuhkan di Lanud Abd. Saleh


21 Mei 2010, Malang -- Pasukan anti teroris dari Lanud Abd Saleh dan Batalyon Paskhas 464 berhasil menangkap dan melumpuhkan 6 orang teroris yang akan melakukan aksinya di Malang dengan naik pesawat Sriwijaya dari Jakarta tujuan Malang (20/5).

Berawal dari swiping yang dilakukan oleh anggota Pomau Lanud Abd Saleh, dicurigai dua mobil yang akan masuk ke Lanud Abd Saleh. Saat dilakukan pemeriksaan keempat orang yang berada di dua mobil tersebut tidak mau diperiksa, merekapun ditangkap oleh Pomau. Dari keterangan keempat orang itulah diperoleh informasi jika sebelumnya sudah ada dua teroris yang telah berhasil masuk di Bandara Lanud dan sedang mnjemput kedatangan enam orang temannya yang terbang naik pesawat Sriwijaya dari Jakarta.

Selanjutnya tim anti teroris Lanud yang melibatkan anti teroris Batalyon Paskhas 464 melakukan penyergapan di saat pesawat Sriwijaya landing di Bandara Lanud Abd Saleh, lima teroris berhasil ditangkap dan satu diataranya di tembak karena melakukan perlawanan.

Kejadian tersebut diatas merupakan latihan anti teroris yang dilakukan oleh Lanud Abd Saleh dalam rangkaian latihan Garuda Perkasa 2010 di Lanud Abd Saleh.

Pesawat CASA 212 Mendarat Darurat


Pesawat Casa 212 milik Skadron Udara 4 Lanud Abd Saleh sebelum landing di Lanud Abd Saleh Mengalami accident, salah satu engine sebelah kiri mengalami kerusakan dan terbakar, Rabu (19/5). Pesawat membawa 33 orang penumpang dan 7 orang diantaranya mengalami luka berat.

Tower mendapat informasi accident tersebut langsung mengerahkan tim Pemadam Kebakaran (PK) Lanud Abd Saleh dan menyiapkan 3 unit mobil PK yang masing-masing ditempatkan diujung landasan (Runway 17) dan accident dapat dikuasai selama kurang lebih 10 menit.

Setelah pesawat diamankan oleh unsur pengamanan dari Lanud, dengan melalui pintu darurat para korban berhasil dievakuasi oleh tim sar dari Lanud dan secepatnya dilarikan ke rumah sakit Lanud Abd Saleh dengan 2 buah ambulance milik rumkit untuk mendapatkan pertolongan medis. Berkat kesiapan pasukan operasi dan Cresh team Lanud Abd Saleh Accident tersebut dapat diatasi dengan cepat dan lancar.

Skenario diatas merupakan bentuk latihan creash team dalam rangka Latihan Garuda Perkasa 2010. Latihan cresh team ini bertujuan untuk melatih dan meningkatkan ketrampilan personil Lanud Abd Saleh tentang prosedur penanganan accident pesawat dan cara-cara pengoperasian peralatan yang digunakan oleh kesatuan kerja creash team.

Latihan ini rutin dilaksanakan setiap tahun, hal ini dimaksudkan agar setiap personel tanggap dan senantiasa siap melakukan tugasnya dengan benar apabila sewaktu-waktu terjadi emergency pesawat di Lanud Abd Saleh.

Pentak Lanud Abd Saleh

No comments:

Post a Comment

Post a Comment