Wednesday, May 19, 2010

Kodam III/Siliwangi Gelar HUT ke-64

(Foto: bapusipda.jabarprov)

18 Mei 2010, Bandung -- Kodam III Siliwangi akan berusia 64 tahun pada Kamis (20/5), dan kesempatan itu akan ditandai dengan apel peringatan di Stadion Siliwangi Kota Bandung.

"Tahun ini Kodam III/Siliwangi genap 64 tahun," kata Kepala Penerangan Kodam (Kapendam) III Siliwangi Letkol Isa Hariyanto di Bandung, Selasa.

Kodam III Siliwangi, yang saat ini dipimpin Mayjen TNI Pramono Edhie Wibowo, lahir pada 20 Mei 1946 yang ditandai dengan "titimangsa" penyelamatan Panji Siliwangi dalam "long march" prajurit Siliwangi dari Cinyasag, Kabupaten Ciamis, ke wilayah Sumedang pada saat Perang Kemerdekaan.

Sejumlah kegiatan menandai peringatan HUT Kodam III Siliwangi yang ke-64 itu. Salah satunya kegiatan tabur bunga dan ziarah ke Taman Makam Pahlawan Cikutra Kota Bandung.

Kegiatan yang digelar Selasa (18/5) pagi itu ditandai dengan upacara tabur bunga yang dipimpina Kasdam III Siliwangi Brigjen TNI Hadi Lukmono yang diikuti jajaran teras dan para prajurit Kodam Siliwangi.

Tema HUT Kodam III Siliwangi tahun ini, kata Kapendam adalah "Silih Asah, Silih Asih, Silih Asuh" yang merupakan sari dari semangat kerukunan masyarakat Jawa Barat dan Banten.

Wilayah tugas Kodam III Siliwangi mencakup Provinsi Jawa Barat dan Banten, sekaligus sebagai penyangga stabilitas keamanan Ibukota Jakarta.

Dalam rangka menyambut HUT Kodam III Siliwangi, juga digelar kegiatan bakti sosial, donor darah, pelayanan kesehatan gratis, kegiatan penghijauan serta beberapa perlombaan antar-satuan di lingkungan Kodam III Siliwangi.

Sejumlah pinisepuh Kodam III Siliwangi, beberapa di antaranya pelaku sejarah serta veteran, juga akan diundang dalam acara puncak yang digelar di stadion milik Kodam III Siliwangi itu.

ANTARA Jabar

No comments:

Post a Comment

Post a Comment