Saturday, May 29, 2010

Siswa SMA BarunawatiK Kagum Kecanggihan Kapal Perang Amerika

Sejumlah ABK yang juga anggota US Navy, memberi penjelasan tentang sistem menurunkan sauh kepada sejumlah siswa SMA, yang mendapat kesempatan berkunjung dalam rangka open ship ke kapal perang milik US Navy, USS Vandegrift FFG-48 yang bersandar di Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya, Kamis (27/5). Open ship tersebut digelar dalam rangka latihan bersama (latma) TNI AL dan US Navy dengan sandi 'NEA 2010 (Naval Engagement Activity 2010). Latihan yang digelar dari 26 Mei - 1 Juni 2010 tersebut, bertujuan untuk memperkuat kerangka kerjasama bilateral Indonesia-Amerika. (Foto: ANTARA/Eric Ireng/ed/nz/10)

28 Mei 2010, Surabaya -- Wajah para siswa SMA Barunawati memancarkan kekaguman saat menginjakkan kaki di USS Vandergrift kemarin (27/5). Selain berfoto dengan para awak, mereka berkesempatan menjelajahi kapal perang Amerika Serikat yang berlabuh di Dermaga Zamrud, Pelabuhan Tanjung Perak, tersebut.

Saat kunjungan itu, para siswa didampingi oleh awak USS Vandergrift. Para kru dengan sabar berbagi informasi mengenai seluk-beluk kecanggihan peranti kapal perang tersebut. Kegiatan yang merupakan bagian dari Naval Engagement Activity (NEA) 2010 antara US Navy dan Komando Armada Timur (Koarmatim) itu dimulai sekitar pukul 09.00.

Sebelum memasuki area bersandarnya empat kapal perang Amerika itu, para pengunjung diawasi ketat oleh prajurit Provost TNI-AL (Pomal) dan US Navy. Selain USS Vandegrift, US Navy membuka pintu kapal USS Tortuga bagi siswa sekolah lain yang berkunjung saat itu.

Namun, sekolah lain yang belum sempat mengunjungi kapal perang Amerika tersebut harus gigit jari. Pasalnya, meski membuang jangkar di Surabaya hingga 1 Juni mendatang, mereka hanya mengadakan open ship sehari. Hari ini hingga akhir kegiatan (1 Juni) nanti, kapal perang Amerika itu akan disibukkan berbagai kegiatan. "Ada kapal yang berangkat ke Situbondo untuk latihan perang," ujar Kasubdispenum Dinas Penerangan Koarmatim Mayor Laut Drs Kariono MAP kemarin (27/5).

Dalam open ship itu, Koarmatim dan US Navy membuat pengamanan berlapis. Dermaga Zamrud yang menjadi tempat bersandarnya kapal disterilkan dalam radius sekitar 100 meter. Penjaga dari dua korps angkatan laut itu dilengkapi senjata otomatis. Tidak hanya itu, dua ekor anjing penjaga juga disiagakan. "Permintaannya memang seperti itu," katanya.

Namun, mereka yang belum sempat blusukan ke kapal Amerika bakal mendapatkan ganti. Sebab, hari ini dan besok, korps US Navy akan mengadakan kolaborasi musik bersama TNI-AL. Pertunjukan pertama diadakan di City of Tomorrow (Cito) mulai pukul 13.00. Hari kedua, show pindah ke Supermal Pakuwon Indah pada 29 Mei dan 30 Mei nanti.

JAWA POS

No comments:

Post a Comment