Friday, May 28, 2010

Latpratugas Satgas Unsur KRI Manlap di Laut Jawa


27 Mei 2010, Surabaya -- Latihan Pratugas Satgas Unsur KRI yang dibuka 26 April, selama tiga hari mulai 25 Mei hingga 27 Mei telah melaksanakan tahap akhir latihan yaitu menggelar manuvra lapangan (Manlap) di perairan Laut Jawa. Dalam manuver lapangan yang diikuti 9 unsur KRI dari berbagai jenis termasuk kapal selam dan 2 pesawat TNI AL tersebut, beberapa KRI telah melaksanakan penembakan meriam keliber 76 mm dan 57 mm di Pulau Gundul Semarang, serta penembakan anti udara dengan meriam kaliber 20 mm.

Latihan yang melibatkan 1091 personel dengan Komandan Satgas Kolonel Laut (P) Yudo Margono tersebut, bertujuan untuk meningkatkan ketrampilan personel satuan dan kesiapan alutsista dalam mewujudkan kesiapsiagaan operasional serta sasaran yang ingin dicapai terwujudnya pengetahuan dan keterampilan para peserta latihan dalam tugas pengamanan wilayah laut Indonesia.

Pelajaran yang dikembangkan dalam latihan ini, yaitu perencanaan dan pengendalian operasi laut dengan kekuatan satuan-satuan tugas, kemampuan bekerja sama dalam pengintaian, manuver dan penembakan terhadap sasaran (permukaan, bawah permukaan, udara dan darat), serta kemampuan kodal dan kerja sama taktis antar unsur berbagai jenis.

Sedangkan metoda latihan yang dilaksanakan meliputi klasikal (pembekalan, diskusi, dinamika role game, tactical floor game, tactical game) dan manuver lapangan. Sedangkan materi pembekalan sendiri yang diberikan meliputi, analisa daerah operasi, khususnya daerah perbatasan laut antara lain perairan Ambalat, Laut Sulawesi dan Laut Timor.

Materi lain yang diberikan adalah konvensi hukum laut internasional, peraturan pemerintah tentang ALKI, hukum HAM dan Humaniter, situasi keamanan terakhir di daerah perbatasan, teknik penghentian, penggeledahan dan pemeriksaan dan aturan pelibatan.

“Latihan manuver lapangan merupakan rangkaian kegiatan latihan pratugas unsur KRI Koarmatim dalam rangka menguji kesiapan dan kemampuan tempur serta profesionalisme prajurit, khususnya unsur-unsur yang akan diproyeksikan dalam operasi pengmanan perbatasan laut di wilayah timur.

Dispenarmatim

No comments:

Post a Comment