Saturday, May 29, 2010

Presiden Akan Tinjau Kapal USNS Mercy di Ambon


29 Mei 2010, Jakarta -- Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) akan meninjau kapal rumah sakit terbesar milik Angkatan Laut Amerika Serikat (AS), USNS Mercy T-AH19 yang akan berlabuh di Ambon, Maluku. Kehadiran kapal yang dibanggakan Amerika itu di Ambon tidak lain untuk ikut serta memeriahkan acara Sail Banda 2010 yang digelar sejak 27 Juli hingga 8 Agustus.

"Pada puncak acara yang digelar pada 3 Agustus 2010, seluruh kapal rumah sakit dari lima Negara akan berlabuh di pelabuhan utama Ambon, pelabuhan Yos Sudarso. Dan saat itulah Presiden akan mengadakan tur ke seluruh kapal untuk inspeksi," kata Sekretaris Kementerian Koordinator Kesra sekaligusb Ketua Ikatan Sarjana Oseanologi Indonesia Prof Dr Indroyono Soesilo, di Jakarta, Kamis (27/5).

Kapal USNS Mercy dijadwalkan tiba di Ambon pada 29 Juli 2010.

Menurut Prof Indroyono, kapal itu nantinya akan ikut dalam program Operasi Surya Baskara Jaya di Maluku, yang merupakan bagian dari rangkaian acara Sail Banda 2010. Selain Amerika, ada pula kapal rumah sakit milik Indonesia sendiri KRI dr Soeharso, satu unit landing ship tank (LST) milik Singapura, dan dua unit landing craft heavy (LCH) milik Australia. Selain Amerika, Australia dan Singapura, rencanya Malaysia dan Selandia Baru juga akan turut serta.

JURNAS

No comments:

Post a Comment