Thursday, August 13, 2009

Polandia Tertarik Beli UAV Israel

Pesawat nirawak Hermes buatan Elbit Israel. (Foto: israeli-weapons.com)

13 Agustus 2009 -- Polandia sedang mempertimbangkan membeli pesawat nirawak (UAV) dari Israel ujar Menteri Pertahanan Polandia Bogdan Klich, Rabu (12/8).

Menhan Polandia dilaporkan telah berkunjung ke tiga pabrik pembuat senjata di Israel belum lama ini. Ketiga pabrik tersebut memproduksi pesawat nirawak dengan kualiatas terbaik.

Polandia akan membeli pesawat nirawak dengan jarak jelajah dekat hingga menenggah.

Polandia menempatkan 2000 prajurit di Afghanistan dalam operasi memerangi pejuang Taliban dibawah komando NATO, sekitar 64,500 prajurit dari lebih dari 40 negara bergabung dalam operasi ini.

Pada 10 Agustus, seorang prajurit Polandia dan empat prajurit lainya terluka dalam suatu insiden di provinsi Ghazni, Afghanistan. Insiden ini merupakan yang kesepuluh kalinya menimpa prajurit Polandia sejak 2002.



Kendaraan dan ruang kendali Hermes. (Foto: israeli-weapons.com)

Pesawat nirawak yang dipersenjatai rudal mematikan dan dikontrol oleh seorang pilot dengan joystick dari pangkalan Amerika Serikat ataupun di suatu tempat, telah menjadi senjata pilihan Angkatan Bersenjata AS dalam perang melawan pejuang Taliban di Afghanistan.

Pesawat nirawak buatan Israel telah digunakan oleh AB Spanyol, Georgia, India, Singapura, bea cukai dan penjaga perbatasan AS. Rusia telah menandatanggani kontrak pembelian sejumlah pesawat nirawak buatan Israel, setelah melihat kehebatan kinerjanya dalam konflik di Georgia. Brazil sedang mengevaluasi kinerja pesawat nirawak Israel serta Indonesia dikabarkan akan segera menerima pesawat nirawak buatan Israel.

AFP/@beritahankam

No comments:

Post a Comment