Saturday, August 15, 2009

INS Airavat L24 Peserta Sail Bunaken 2009

INS Airavat (L24) berlayar keluar pelabuhan Visakhapatnam, Andhra Pradesh setelah diresmikan beroperasi di AL India 19 Mei 2009. (Foto: PIB)

15 Agustus 2009 -- INS Airavat L24 kapal jenis Landing Ship Tank (LST (L)) ketiga kelas Shardul, peningkatan dari LST kelas Magar.

INS Airavat dibangun di Garden Reach Shipbuilders and Engineers Limited (GRSE), Kolkota, India, diresmikan masuk jajaran Angkatan Laut India pada 19 Mei 2009 oleh KASAL India Laksamana Sureesh Mehta, AVSM, PVSM, ADC di pangkalan AL IN Jetty di Visakhapatnam, Andhra Pradesh. Airavat diluncurkan di Kolkota pada 27 Mei 2006 oleh istri KASAL Maria Teresa Mehta.

Kapal berukuran panjang 125 meter, lebar 17,5 meter, berat 5655 ton, kecepatan jelajah 15 knot dengan kemampuan berlayar selama 45 hari. Airavat dilengkapi dua peluncur roket produk dalam negeri WM 18A, dua meriam anti pesawat terbang buatan dalam negeri CRN 91 yang dikontrol secara auto oleh optronic sights, peluncur rudal permukaan ke udara IGLA, chaff, serta dilengkapi dua helikopter Westland Sea King atau helikopter buatan dalam negeri HAL Dhruv.





KASAL India Laksamana Sureesh Mehta menerima penghormatan saat peresmian pengoperasian INS Airavat. (Foto: PIB)

Airavat mampu membawa 10 MBT, 11 truk dan 500 prajurit, sesuai dioperasikan untuk misi kemanusian dan bantuan bencana alam seperti tsunami, badai, gempa bumi; operasi amphibi; operasi penyerangan; kapal rumah sakit dan kapal tanker dimana pada bagian buritan dapat mengisi bahan bakar ke kapal lainnya.

Sebagian besar peralatan dibuat oleh perusahaan pemerintah seperti Bharat Electronics Medak, HAL, Keltron serta perusahaan swasta seperti Larsen and Toubro, Kirloskar, Godrej.

PIB/@beritahankam

1 comment:

  1. Hi I"m Maggie from Indonesia,especially in Bitung City (North Sulawesi).

    Thanks for your participants in Sail Bunaken 2009,
    exactly to Benjamin,Ranbir,Sourav,Sanjay,Vijendra (thanks for give us the best experience)...
    And dont boring to come back in Indonesia,especially in Bitung City ,North Sulawesi.

    Have a blessed day >.<

    ReplyDelete