Tuesday, August 11, 2009

Kanada Beli 15 Chinook Versi F Senilai 1,15 Milyar Dolar

Helikopter Boeing Chinook versi F. (Foto: chinook-helicopter.com)

11 Agustus 2009 -- Menteri Pertahanan Kanada Peter MacKay mengumumkan pabrik pesawat Amerika Serikat Boeing mendapatkan kontrak senilai 1,15 milyar dolar untuk pembelian 15 helikopter Chinook versi F, Senin (10/8) di Halifax, Nova Scotia, Kanada. Proses diskusi dan negosiasi kontrak memakan waktu tiga tahun.

Paket pembelian meliputi juga dukungan pelayanan selama 20 tahun senilai 2,2 milyar dolar Kanada (1,8 milyar dolar).

Boeing akan memproduksi Chinook pesanan Kanada di fasilitas Boeing Rotocraft System di Ridley Township, Pennsylvania, Amerika Serikat.




Proses pembuatan helikopter Chinook versi F. (Foto: chinook-helicopter.com)

Helikopter Chinook atau CH-147 Kanada menyebutnya, diharapkan diterima pertama kali oleh Kanada Juli 2013 dan terakhir pada 2014.

Boeing akan melakukan modifikasi untuk memenuhi permintaan Kanada, diantaranya penambahan kapasitas bahan bakar.

Kanada telah membeli 6 helikopter Chinook versi D bekas pakai militer Amerika Serikat tahun lalu. Kanada meminta keenam helikopter tersebut dilengkapi senapan mesin, sistem pengindraan malam hari, peralatan komunikasi dan navigasi, mesin cadangan serta suku cadang untuk digunakan di Kandahar, Afghanistan. Seluruh helikopter telah mulai beroperasi pada Januari tahun ini.

Militer Kanada mengoperasikan Chinook hingga awal tahun 1990-an, kemudian helikopter dijual ke Belanda dengan alasan mengurangi anggaran.

Defensenews/@beritahankam

No comments:

Post a Comment