Friday, July 3, 2009

Latihan Walet Trampil Ditutup


3 Juli 2009, Subang -- Latihan satuan tingkat Lanud Suryadarma bernama “Walet Trampil” secara resmi ditutup Komandan Lanud Suryadarma Kol. Pnb D. Widiantoro, MBA pagi di Apron Skadron Udara 7 Lanud Suryadarma, Subang, Kamis (2/7). Latihan dinyatakan berjalan dengan baik karena seluruh unsur telah berfungsi serta berjalan lancar. Hadir pejabat dari Tim Uji Trampil Mabes TNI AU dan Mako Korpaskhas.

Dalam sambutannya pada upacara penutupan, Danlanud Suryadarma menyebutkan bahwa latihan Walet Trampil yang telah dilaksanakan selama tiga hari (30/6-2/7) menguji beberapa kemampuan prajurit seperti evakuasi medis, patroli, penyerbuan pangkalan, komunikasi, Sar Tempur dan lainnya. Dengan melibatkan prajurit-prajurit dari unsur-unsur di Lanud Suryadarma seperti Skadron Udara 7, Rumah Sakit, Tim Rescue, Prajurit Paskhas serta prajurit staf pendukung lainnya mampu memberikan nuansa kemiliteran yang kental di Lanud Suryadarma selama tiga hari terakhir.

Helikopter Colibri TNI AU. (Foto: TNI AU)

Di dalam Latihan Walet Trampil ditunjukkan kemampuan-kemampuan prajurit melalui gladi lapangan yang digelar di daerah latihan Lanud Suryadarma. Sehingga dalam satu adegan perebutan pangkalan digambarkan prajurit seolah-olah benar-benar berhadapan dengan musuh yang ada di tower, sehingga menggunakan senjata berisi peluru hampa serta gerakan yang sigap mereka melakukan pertempuran jarak dekat melumpuhkan musuh yang menguasai tower sebagai upaya merebut kembali pangkalan udara. Di tengah-tengah upaya tersebut terdapat kru pesawat dari Skadron Udara 7 yang terkena peluru lawan sehingga dilakukan upaya pertolongan oleh tim Rescue dan SAR Tempur dari Paskhas. Demikian kira-kira salah satu adegan dalam latihan Walet Trampil tersebut.

PENTAK LANUD SURYADARMA

No comments:

Post a Comment