Wednesday, July 1, 2009

528 Kopral Taruna Akademi TNI Kunjungi Marinir

Sejumlah anggota Korps Marinir unjuk kebolehan memeragakan beladiri militer, saat kegiatan Bhinneka Eka Bhakti Taruna Akademi TNI angkatan 2008-2009 di Bumi Marinir Karangpilang Surabaya, Rabu (1/7). Kegiatan yang diikuti 528 taruna Akademi TNI tersebut, bertujuan untuk pengenalan matra dan alutsista TNI yang dimiliki TNI. (Foto: ANTARA/Eric Ireng/ED/nz/09)

1 Juli 2009, Surabaya -- Sebanyak 528 taruna tingkat I atau berpangkat Kopral Taruna (Koptar) Akademi TNI, Rabu, mengunjungi Pasmar-1 di Bhumi Marinir Karangpilang, Surabaya.

Kedatangan mereka diterima langsung oleh Komandan Pasmar-1 Brigjen TNI (Mar) I Wayan Mendra. Mereka terdiri dari taruna AD 303 orang, taruna AL 99 orang, dan taruna AU 126 orang.

Dalam kunjungan untuk melaksanakan kegiatan Bhinneka Eka Bhakti (BEB) itu, para taruna Akademi TNI dipimpin oleh Direktur Pendidikan Akademi TNI Brigjen TNI Rendro Suwarno.

"Para kopral taruna itu sudah melaksanakan pendidikan dasar militer di Akademi TNI selama 11 bulan, selanjutnya mereka akan menuju ke akademi masing-masing," kata Brigjen TNI Rendro Suwarno.

Sementara itu, Komandan Pasmar-1 Brigjen TNI (Mar) I Wayan Mendra memaparkan tentang organisasi, kesatuan-kesatuan, dan penugasan-penugasan prajurit Korps Marinir saat ini.

"Sebagai calon pemimpin masa depan dan calon pemimpin bangsa, para taruna hendaknya memanfaatkan semua peluang, semua fasilitas, dan sarana prasarana yang ada untuk menjadi nilai tambah dan mempersiapkan diri menjadi perwira yang mampu menghadapi berbagai tantangan ke depan," katanya.



Sejumlah anggota Korps Marinir melakukan simulasi tempur amfibi, saat kegiatan Bhinneka Eka Bhakti Taruna Akademi TNI angkatan 2008-2009. (Foto: ANTARA/Eric Ireng/EDnz//09)

Korps Marinir merupakan organisasi taktis dasar, katanya, sehingga Komandan Korps Marinir mengemban beberapa fungsi, yakni Komandan Korps, Komandan Kotama, dan pemimpin keluarga besar.

"Sebagai pemimpin keluarga besar, Komandan Korps Marinir bertanggung jawab terhadap marinir yang masih operasional organik, termasuk marinir yang sudah purna tugas dan keluarganya," katanya.

Tentang satuan di bawahnya, ia menyebutkan Pasmar-1 di Surabaya, Pasmar-2 di Jakarta, Brigif-3 di Lampung, dua pangkalan, satu rumah sakit, dan satu Pasukan Khusus Detasemen Jalamangkara.

Selain itu, Komandan Pasmar-1 juga menjelaskan tentang sejarah terbentuknya Korps Marinir serta tugas-tugas yang sedang dilaksanakan Korps Marinir sampai saat ini.

Setelah itu, para Taruna Akademi TNI disuguhi demonstrasi bela diri karate yang dilakukan oleh 914 prajurit Korps Marinir dan demonstrasi pendaratan Amfibi.

Acara itu dihadiri Kaspasmar-1 Kolonel Marinir L.W Supit, Danbrigif-1 Marinir Kolonel Marinir K. Situmorang, Danmenart-1 Mar Kolonel Marinir FX Deddy Susanto, Danmenkav-1 Mar Kolonel Marinir Yuliandar, Danmenbanpur-1 Mar Letkol Marinir Suhono, para asisten Kaspasmar-1, dan seluruh komandan satuan di jajaran Pasmar-1.

ANTARA JATIM

No comments:

Post a Comment