Saturday, July 4, 2009

47 tahun pengabdian Skadud 14

MiG-21 pernah memperkuat Skadron Udara 14 sebelum digantikan F-5E/F. (Foto: indoflyer.net)

3 Juli 2009, Madiun -- Mewujudkan Skadron tempur terbaik dan modern dengan diawaki airman profesional, merupakan visi dari Skadron Udara 14 yang 1 Juli lalu genap berusia 47 tahun dan peringatannya dilaksanakan hari ini, Jum’at (3/7), dalam suatu upacara militer di lapangan apel Skadron Udara 14 Lanud Iswahjudi.

Empat puluh tujuh tahun yang lalu, tepatnya tanggal 1 Juli 1962 Skadron Udara 14 di bentuk dengan mengoperasikan pesawat MiG 21 buatan Rusia dan merupakan Skadron pesawat tempur supersonic pertama di Indonesia. Skadron tempur tersebut saat ini mengoperasikan pesawat tempur F-5E/F yang sekarang dikomandani oleh Letkol Pnb Ronny Moningka dan merupakan Komandan Skadron ke-14.

Pesawat F-5 Tiger II TNI AU dari Sekadron 14 Lanud Iswahyudi Madiun saat melaksanakan persiapan latihan Hanud “Kilat/09”. (Foto: tni-au.mil.id)

Komandan Lanud Iswahjudi, Marsma TNI Bambang Samoedro, S.Sos dalam sambutannya mengatakan bahwa Skadron Udara 14 yang saat ini mencapi usai 47, telah dapat melaksanakan tugas-tugasnya dengan optimal, terbukti dengan telah diterimanya penghargaan Zero Accident Award berupa medali emas sebagai apresiasi dari Pangkoopsau II karena telah berhasil melaksanakan pembinaan satuan dan berhasil mencegah terjadinya kecelakaan terbang dan kerja , sehingga mencapai zero accident.

“Keberhasilan tersebut tidak terlepas dari dedikasi, disiplin, loyalitas dan kerja keras segenap anggota, oleh karena itu personel yang bertugas di Skadron Udara 14 jangan merasa cepat puas atas prestasi yang telah dicapai, akan tetapi justru harus lebih mawas diri dalam mengantisipasi tugas-tugas mendatang yang tentu tidak semakin ringan”, tegas Komandan Lanud Iswahjudi.

Selesai melaksanakan upacara peringatan dilanjutkan dengan syukuran dan pembagian sembako serta pemilihan prajurit teladan yang ditandai dengan pemotongan tumpeng oleh Komandan Skadron Udara 14 dan diserahkan kepada anggota termuda, yang diikuti oleh seluruh anggota Skadron Udara 14 dan keluarga. Acara syukuran yang sederhana tersebut, dihadiri Ketua PIA Ardhya Garini 02-2/D II Skadron Udara 14 Ny. Irene R. Moningka serta para Purnawirawan Skadron Udara 14.

PENTAK LANUD ISWAHJUDI

1 comment:

  1. Salut skadron udara 14 Zero accsident, pengamanan mat sangat bagus dan pengamanan pers. Slamat...

    ReplyDelete