Thursday, July 2, 2009

Lapan Uji Coba Peluncuran Tiga Roket


02 Juli 2009, Garut -- Menristek Prof Kusmayanto Kadiman menyaksikan uji coba peluncuran tiga roket milik Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan) di Stasiun Peluncuran Roket (Staspro) LAPAN Cilauteureun, Pameungpeuk Garut, Jawa Barat, Kamis (2/7) pagi.

Ketiga roket yang diluncurkan masing-masing satu unit jenis RX-420, yang mulus diluncurkan Kepala Lapan Dr Adi Sadewo pada pukul 07.00 WIB, disusul dua unit roket jenis RX-100 oleh Sekretaris PT. Dirgantara Indonesia, yang juga disaksikan Sekretaris Utama Menko Kesra. Seluruh proses peluncuran tersebut, berlangsung mulus sesuai dengan yang direncanakan dan tuntas sekitar pukul 08.45 WIB, ungkap Kabag Humas LAPAN Ny. Eli Kuncahyo.

Uji coba tersebut, katanya, antara lain dimasudkan, guna mengetahui kualifikasi orbiter jenis roket RX-420 tersebut sebagai boster pendorong satelit, setelah jenis RX-320 diuji coba terbangkan pada tahun lalu.

Sedangkan pada 2012 mendatang, diagendakan peluncuran roket empat tingkat RX-420 yang bermuatan satelit, sehingga pada momentum uji coba saat ini mendapatkan perhatian Menristek.

Masyarakat sekitar, termasuk kalangan nelayan yang terpaksa ditunda melaut selama beberapa jam hingga proses peluncuran ketiga roket tersebut tuntas seluruhnya, juga menyaksikan acara tersebut

ANTARA SUMBAR/MEDIA INDONESIA

No comments:

Post a Comment