Monday, June 29, 2009

TNI AL Lakukan Simulasi Upacara di Bawah Laut

Kadispenal Laksamana Pertama TNI Iskandar Sitompul bersama 298 penyelam dari rayon timur melakukan simulasi upacara bendera di bawah laut Pantai Mutiara Pasir Putih, Situbondo, Jatim, Minggu (28/6). Para penyelam rayon timur yang mendukung simulasi tersebut berasal dari Akademi Angkatan Laut (AAL), Lantamal V Surabaya, Korps Marinir, Lanal Yogyakarta, Polair, Pramuka Sakabahari Surabaya, Posi Yogyakarta, Tegal, Cilacap dan Bali. (Foto: detikFoto/Dispenal)

29 Juni 2009, Jakarta -- Setelah berhasil melaksanakan simulasi upacara bendera di bawah laut di Banten beberapa waktu lalu, kali ini sekitar 298 penyelam dari rayon timur melakukan hal yang sama. Kegiatan yang dilaksanakan di Pantai Mutiara Pasir Putih, Situbondo, Jawa Timur ini dipimpin Kepala Dinas Penerangan Angkatan Laut (Kadispenal), Laksamana Pertama TNI Iskandar Sitompul, Minggu (28/6).

Penyelaman yang dilaksanakan pada kedalaman 15 meter tersebut, berjalan dengan mulus dan sesuai dengan yang direncanakan pada skenario penyelaman memperingati detik-detik proklamasi 17 Agustus 2009. Sekaligus pemecahan rekor dunia selam.

"Simulasi selam ini akan terus dilaksanakan untuk memantapkan pelaksanaan upacara bendera di bawah laut bersama 1500 orang penyelam di Pantai Malalayang, Manado, dan Sulawesi Utara nanti. Hal tersebut merupakan salah satu bagian dari rangkaian kegiatan Sail Bunaken yang akan digelar seperti Indonesian Fleet Preview, Parade Kapal Perang dunia yang hingga saat ini sudah terdaftar 27 kapal perang dari berbagai negara ditambah 10 Kapal Perang RI dan juga olahraga bahari," kata Kadispenal.

Para penyelam rayon timur yang mendukung simulasi tersebut berasal dari Akademi Angkatan Laut (AAL), Lantamal V Surabaya, Korps Marinir, Lanal Yogyakarta, Polair, Pramuka Sakabahari Surabaya, Posi Yogyakarta, Tegal, Cilacap, dan Bali.

Menurut Iskandar Sitompul, untuk mencapai dan mengumpulkan 1500 orang penyelam pada penyelaman di Sail Bunaken 2009 mendatang, TNI Angkatan Laut telah membagi wilayah-wilayah yaitu wilayah barat antara lain Aceh, Medan, Palembang, Lampung, Tanjung Pinang, dan Jakarta. Sedangkan untuk wilayah timur antara lain Surabaya, Tegal, Cilacap, Semarang, Yogyakarta, dan Bali.

"Tiap wilayah atau rayon akan memberangkatkan para penyelam menuju lokasi penyelaman dan bersama-sama akan melaksanakan upacara bendera memperingati proklamasi 17 Agustus 2009 sekaligus upaya memecahkan rekor dunia selam dan mempromosikan potensi wisata bahari Indonesia khususnya Manado," katanya.

JURNAL NASIONAL

No comments:

Post a Comment