Friday, July 3, 2009

Lapan Luncurkan RX-420 dalam Upaya Mewujudkan Roket Pengorbit Satelit

3 Juli 2009 -- Lapan telah melakukan uji terbang RX-420 pada Kamis (02/07) di Instalasi Uji Terbang Lapan, Pameungpeuk, Jawa Barat. RX-420 adalah roket terbesar yang dibuat Lapan. Uji terbang roket tersebut merupakan tahapan untuk membangun Roket Pengorbit Satelit (RPS) yang diharapkan terbang pada 2014.

Kabag Humas LAPAN Elly Kuntjahyowati menjelaskan, RPS yang lima tahun lagi akan diluncurkan Indonesia, terdiri dari empat tingkat masing-masing tiga tingkat RX-420 dan satu tingkat RX-320, sehingga RX-420 diagendakan menjadi booster (roket pendorong) RPS yang semakin dikembangkan LAPAN.

Chief Engineer RX-420, Lilis Maryani, mengatakan “rangkaian uji terbang ini dilakukan guna mengetahui spesifikasi teknis sebelum diterapkan pada RPS.” Ia menambahkan, dengan sudut elevasi 70 derajat RX-420 dapat mencapai ketinggian 53 km dan jarak tempuh 101 km. Roket ini memiliki kecepatan 4,4 mach (kecepatan suara).

Kepala Lapan, Dr. Adi Sadewo Salatun, mengatakan bahwa secara umum peluncuran ini berjalan dengan baik. “Kami telah mendapatkan seluruh parameter data pada 10 detik pertama yang disebut golden data,” kata Kepala Lapan. berdasarkan golden data tersebut, Lapan dapat melakukan rekonstruksi perilaku terbang roket dengan error ratio 5 persen. Dari hasil peluncuran tersebut, menurut Kepala Lapan, terlihat bahwa motor dan bahan bakar roket berjalan dengan baik.

Uji terbang tersebut disakskan antara lain oleh Menteri Negara Riset dan Teknologi,(Menristek) Dr. Kusmayanto Kadiman dan Kepala BPPT Marzan A. Iskandar, perwakilan Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), Departemen Pertahanan, TNI dan Polri, PT DI, dan PT Bukaka. Menristek mengatakan bahwa roket memang menjadi program unggulan Lapan. “Lapan selama ini mengembangkan roket hanya untuk kepentingan damai,” kata Kusmayanto. Kepentingan damai maksudnya, roket dimanfaatkan hanya untuk kesejahteraan rakyat. “Contoh penggunaannya, untuk membawa satelit pengamatan cuaca dan titik api,” Ia menambahkan.

Sebelumnya, Lapan berhasil menguji statik RX-420 pada 23 Desember 2008 di Tarogong, Jawa Barat. Dalam uji statik tersebut, RX-420 menghasilkan daya 100 ton detik. Tahun lalu, Lapan telah berhasil menerbangkan dua RX-320. Roket berdiameter 320 mm tersebut diluncurkan pada 02 Juli dan 30 Mei 2008 di Pameungpeuk, Jawa Barat.

RPS terdiri dari empat tingkat, yaitu tiga tingkat RX-420 dan satu tingkat RX-320. RX-420 rencananya akan menjadi booster (roket pendorong) RPS yang dikembangkan Lapan. Selain menguji terbang RX-420 dalam rangka penyempurnaan rancang bangun, Lapan juga meluncurkan dua RX-100 yang berdiameter 110 mm. Roket ini memiliki berat luncur 30 kg dan panjang 1900 mm. RX-100 digunakan untuk pengujian subsistem payload roket yang dikembangkan Lapan.

LAPAN/ANTARA News

No comments:

Post a Comment