Wednesday, March 10, 2010

Selat Malaka Masih Aman dari Perompak


09 Maret 2010, Jakarta -- Markas Besar TNI menyatakan situasi di Selat Malaka saat ini masih aman dari aksi perombakan. Penegasan itu disampaikan menyusul peringatan dari Angkatan Laut Singapura mengenai ancaman perompak di Selat Malaka, pekan lalu.

"Sampai sekarang belum ada penangkapan di Selat Malaka, kondisinya masih aman,” kata juru bicara TNI, Marsekal Muda Sagom Tamboen, saat dihubungi Tempo, Selasa (9/3). Menurut dia, petugas patroli belum menemukan kapal yang mencurigakan di jalur laut padat aktivitas itu.

Patroli di Selat Malaka, Sagom melanjutkan, merupakan kegiatan rutin TNI AL. Operasi bersama Malaca Straits Sea Patrols (MSSP) antara TNI AL, Malaysia, Singapura, dan Thailand, juga sudah dilakukan sejak lama. “Tapi, karena kami mendapat peringatan dari Angkatan Laut Singapura, maka patroli itu diintensifkan,” katanya.

TNI AL mendapat peringatan ihwal ancaman perompak di Selat Malaka dari AL Singapura pada 1 Maret lalu. Menurut Panglima Komando Armada RI Kawasan Barat TNI AL, Laksamana Muda TNI Marsetio, peringatan itu mengindikasikan akan adanya perompakan yang mengancam kapal di Selat Malaka.

TEMPO Interaktif

No comments:

Post a Comment