Monday, March 8, 2010

AL Australia Bertemu Wali Kota Kupang

HMAS Bathurst kapal patroli AL Australia kelas Armidale.

08 Maret 2010, Kupang -- Tim Angkatan Laut Australia di bawah pimpinan Mayor James, Senin, bertemu dengan Wali Kota Kupang, Daniel Adoe, dalam lawatannya ke Nusa Tenggara Timur (NTT) untuk melakukan patroli bersama TNI Angakatan Laut (AL) di wilayah NTT.

Pertemuan singkat yang dihadiri sejumlah pejabat lingkup Pemerintah Kota Kupang di ruang kerja Wali Kota Kupang tersebut difasilitasi oleh Kepala Dinas Potensi Maritim Pangkalan Utama TNI-AL (Lantamal) VII/Kupang, Mayor Agus Pramono.

Dalam pertemuan tersebut, Mayor James mengatakan, pihaknya akan melakukan patroli lintas laut di wilayah perairan NTT bersama TNI-AL yang bermarkas di Kupang.

"Ini kegiatan rutin dan akan bersama-sama dengan TNI-AL," katanya.

Wali Kota Kupang, Daniel Adoe, mendukung kegiatan operasi bersama antara AL Australia dengan TNI-AL yang akan dilakukan di wilayah perairan NTT.

Dia mengharapkan, operasi bersama maritim kedua negara itu, maka akan memberikan dampak yang lebih serius terhadap pencegahan praktik penangkapan dan pencurian ikan (ilegal fishing) yang bisa saja terjadi di kawasan perairan NTT.

"Banyak nelayan yang melakukan penangkapan ikan dengan menggunakan bom ikan yang sudah merusak biota laut. Mudah-mudahan dengan patroli bersama tersebut, prilaku nelayan tersebut bisa dikurangi," kata Adoe.

Ia juga meminta agar patroli bersama, TNI-AL dan AL Australia dapat memantau pulau-pulau NTT .

Patroli AL Australia menggunakan kapal perang HMAS Bathurst di bawah komando Kapten (L) Lcdrs G Taragel bersama 29 prajurit sekaligus sebagai ABK kapal tersebut.

ANTARA News

No comments:

Post a Comment