Wednesday, December 30, 2009

Komandan Sektor Timur Unifil Puji Indobatt


30 Desember 2009, Lebanon -- Komandan Sektor Timur Unifil, Brigadir Jenderal Casimiro Sanjuan Martinez menyatakan “excellent” dan kebanggaannya untuk Indobatt (Indonesian Battalion).

Pesan dan kesan ini tertuang jelas dalam rangkaian tulisan tangannya pada buku tamu yang ditandatanganinya.

Hal ini juga nampak pada raut wajahnya saat melihat dari dekat kesiapan Satgas Batalyon Mekanis TNI Kontingen Garuda XXIII-D/Unifil dan penyambutan yang sangat antusias pada kunjungan kerjanya di Markas Indobatt UN Posn 7-1 Adshit Al-Qusayr, Selasa (29/12).

Disambut oleh Dansatgas Indobatt, Letkol Inf Andi Perdana Kahar beserta seluruh staf Indobatt, Komandan Sektor Timur Unifil menyaksikan tampilan musik tradisional Rampak Gendang dan Musik Angklung yang dimainkan dengan kompak oleh prajurit Indobatt, dilanjutkan dengan briefing dan paparan singkat Dansatgas tentang organisasi tugas serta situasi terakhir di wilayah operasi Indobatt.

Dalam rangkaian kunjungannya, beliau menyempatkan diri menyaksikan demo MCP (Mobile Command Post) di lapangan Soekarno Base yang menampilkan pelaksanaan Pos Komando Taktis oleh satu Ranpur Panhard, satu VAB Komando, dua VAB APC serta satu VAB Ambulance.

Menurut Lettu Inf Arief Widyanto selaku koordinator materi menjelaskan bahwa, MCP (Mobile Command Post) ini terdiri dari 1 Ranpur Panhard dengan 3 orang crew yang terdiri dari satu pengemudi, satu petembak dan komandan kendaraan.

libanon1Satu VAB Komando dengan 2 orang crew terdiri dari 1 pengemudi dan 1 petembak serta berisi Dansatgas, Kasi 1, Kasi 2, Operator Radio dan Caraka. Dua VAB APC, masing-masing dengan 2 orang crew terdiri dari 1 pengemudi dan 1 petembak serta 1 regu mekanis terdiri dari 1 komandan regu dan 5 anggota regu. Satu VAB Ambulance dengan 2 orang crew terdiri dari 1 pengemudi dan 1 operator Ranpur serta 3 personel kesehatan terdiri dari 1 orang dokter dan 2 perawat.

Salah satu materi acara yang tak kalah pentingnya adalah pelaksanaan CIMIC (Civil Military Cooperation) berupa lomba menggambar yang diikuti oleh anak-anak dari desa binaan Indobatt.

Pada kesempatan tersebut, Komandan Sektor Timur Unifil yang baru saja melaksanakan TOA (Transfer of Authority) dengan pejabat sebelumnya, meresmikan “Mobile Library” dilanjutkan pemberian hadiah kepada anak-anak peserta lomba.

Dalam rangkaian kunjungannya ke salah satu kompi yakni Kompi C di Assakiyah Village, beliau yang telah bertugas tiga kali di Lebanon ini mengaku sangat terkesan dengan disiplin prajurit Indobatt, kemampuan merawat ranpur serta pemeliharaan lingkungan yang sangat bersih dan rapi, khususnya di UN Posn 9-2 UNIFIL.

“I’m very proud to have under my command The Indonesia Contingent. You always accomplish the tasks in excellent and outstanding way,” demikian ucapan Brigadir Jenderal Martinez mengakhiri kunjungan beliau di Indobatt Compound sambil tersenyum saat menerima foto dirinya dari Komandan Satgas Indobatt sesaat sebelum meninggalkan Markas Indobatt.

POS KOTA

No comments:

Post a Comment

Post a Comment