Monday, December 28, 2009

Indobatt Jaga Hubungan Baik dan Profesional


28 Desember 2009, Lebanon -- Dalam melaksanakan tugas patroli sehari-hari, prajurit TNI yang tergabung dalam Satuan Tugas Batalyon Mekanis Kontingen Garuda XXIII-D/Unifil (Indonesian Battalion / Indobatt) dituntut untuk senantiasa bersikap dan bertindak secara profesional.

Hal ini adalah wujud tanggung jawab Indobatt sebagai pasukan penjaga perdamaian (Peacekeeper) yang dipercayakan bangsa Indonesia dan masyarakat dunia.

Demikian ditegaskan Komandan Satgas Batalyon Mekanis Konga XXIII-D/Unifil (United Nation Interim Force in Lebanon), Letkol Inf Andi Perdana Kahar saat melakukan inspeksi mendadak ke beberapa Pos Indobatt, Senin (28/12/2009).

Didampingi oleh Kepala Seksi Operasi Indobatt, Kapten Inf Arfan Johan, Dansatgas Indobatt mengunjungi beberapa Permanent OP, antara lain Pos XC-5 dan B-82 guna melihat dan mengetahui secara langsung kondisi para prajurit yang sedang bertugas di lapangan, sekaligus untuk mengetahui tingkat kesiagaan dan kesungguhan dalam pelaksanaan tugas tersebut.

Pada kesempatan itu pula, Dansatgas mengucapkan rasa terimakasihnya kepada segenap prajurit yang senantiasa melaksanakan tugas dengan baik meskipun hanya berteduh dalam sebuah tenda sederhana di tengah cuaca berkabut dengan suhu 5ºC.

Dari posisi XC-5 OP, prajurit Indobatt bertugas mengamati perkembangan situasi di sekitar daerah Attaibe dan pada posisi ketinggian itu pula, 1 regu berkekuatan 11 orang tersebut dapat mengawasi wilayah disekitar sungai Litani.

Setelah itu, Dansatgas meninjau Permanent OP B-82 di Kafer Kela. Pos pengamatan tersebut merupakan pos bersama antara Indobatt dengan Spainbatt (Spanyol Battalion) yang berada di sekitar technical fence di sepanjang Blue Line di daerah Kafer Kela.

Pasukan Indonesia dan Spanyol pada posisi tersebut bertugas mengawasi daerah di sekitar Blue Line. Tak lupa pula dalam inspeksinya di Pos tersebut, Dansatgas memberikan penekanan kepada prajurit Indobatt untuk menjaga hubungan baik dengan para prajurit Spainbatt serta menjaga citra baik TNI sebagai prajurit yang profesional.

POS KOTA

No comments:

Post a Comment

Post a Comment