Tuesday, October 13, 2009

USS Denver Laksanakan Misi Kemanusian di Sumbar


12 Oktober 2009, Padang -- Sejumlah wartawan lokal dan nasional diundang untuk mengunjungi kapal induk Amerika serikat USS Denver yang berada diperairan laut Sumatera Barat. Keberadaan kapal induk Amerika Serikat di perairan Sumatera ini melaksanakan misi kemanusiaan untuk membantu korban bencana gempa bumi di Sumatera Barat. Keberangkatan para wartawan menuju USS Denver ini dengan menggunakan Helikopter sipil milik Amerika serikat yang berangkat dari Lanud Padang, Minggu (11/10).

USS Denver merupakan kapal dok amfibi yang bermarkas di Okinawa, Jepang ini dipimpin oleh Laksamana Richard Landolt yang bertugas membantu operasi respon terhadap bencana. Keberadaan di wilayah perairan Indonesia ini merupakan permintaan dari pemerintah Indonesia, untuk membantu pendistribusian barang-barang bantuan untuk korban bencana gempa bumi yang melanda Sumbar beberapa hari yang lalu. Kapal "The Denver" ini sangat ideal untuk operasi kelautan karena digunakan sebagai titik lepas landas Helikopter Marine CH-53, merupakan armada udara militer AS yang mampu mengangkut barang dengan jumlah yang besar karena ukuran kargonya yang sangat besar, dan memungkinkan melakukan pendistribusian barang-barang bantuan dalam jumlah yang besar kelokasi bencana gempa bumi di Sumbar terutama daerah-daerah yang tidak terjangkau oleh angkutan darat karena akses jalan yang mengalami kerusakan akibat gempa bumi.

USS Denver mempunyai ukuran dengan panjang 171 Meter, berat 17.000 Ton dan mempunyai awak kapal sebanyak 420 orang serta membawa 900 orang Marinir AS. Dalam misi yang dilaksankan di propinsi Sumbar armada "Denver" helikopter Marine CH-53 mendistribusikan bansos kedaerah-daerah yang terkena musibah terutama daerah-daerah pelosok yang cukup parah seperti, Padang Pariaman, Kabupaten Agam, Lb Basung, Dll.

PENTAK LANUD PADANG

No comments:

Post a Comment