Wednesday, October 14, 2009

Kasal Buka Latihan AJ XXVIII/09


12 Oktober 2009, Surabaya -- Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Tedjo Edy Purdijatno, SH membuka Latihan Armada Jaya XXVIII/09 di Puslat Opsla Kolat Koarmatim Ujung Surabaya, Senin (12/10).

Kegiatan tersebut dihadiri pejabat teras Mabesal, para Pangkotama TNI AL dan seluruh peserta latihan. Latihan Armada Jaya XXVIII/09 merupakan latihan puncak TNI AL yang mengintegrasikan seluruh komponen Sistem Senjata Armada Terpadu (SSAT) guna mengukur hasil pembinaan pada Tahun Anggaran 2009 dalam mempertahankan serta meningkatkan kesiapan operasional SSAT dan profesionalisme prajurit.

Kegiatan tersebut merupakan langkah yang tepat untuk menjawab tantangan tersebut diatas sekaligus sebagai upaya deterrence di wilayah Indonesia bagian Timur. Latihan ini bertujuan untuk mempertahankan dan meningkatkan kesiapan komponen SSAT dan profesionalisme prajurit matra laut dalam menghadapi dan mengantisipasi ancaman yang dapat mengganggu kedaulatan NKRI.

Adapun sasaran yang ingin dicapai yaitu diantaranya, terwujudnya rencana operasi laut gabungan, operasi amfibi skala kecil yang siap digunakan jika terjadi ancaman yang sebenarnya. Tercapainya kemampuan mengaplikasikan doktrin matra laut dan prosedur operasi gabungan kedalam perumusan rencana operasi, serta terwujudnya kerjasama dan kesiapan operasional komponen SSAT dan terciptanya efek tangkal di wilayah Indonesia.

Latihan yang digelar mulai awal September 2009 dan berakhir hingga akhir Oktober mendatang tersebut, meliputi beberapa macam latihan, diantaranya Latposko dilaksanakan di Puslatopslat Kolat Koarmatim, tactical floor game (TFG)/ table top dan tactical game (TG) dilaksanakan di Puslalekdalsen Kobangdikal serta manuvra lapangan di perairan Pulau Jawa.

Dalam latihan ini akan melibatkan sebanyak ribuan personel, beberapa KRI, pesawat udara, dan kendaraan tempur Marinir. Usai membuka Latihan Armada Jaya XXVIII/09, Kasal dengan diikuti beberapa pejabat teras meninjau ke beberapa posko latihan yang ada di Puslatopsla Kolat Koarmatim.

Penarmatim

No comments:

Post a Comment