Wednesday, October 14, 2009

Dua Kapal Malaysia Masuk Perairan Ambalat

KD Yu 3508. (Foto: TLDM)

13 Oktober 2009, Tarakan -- Kapal perang Malaysia memasuki perairan laut di Karang Unarang, Kalimantan Timur, Selasa. Kedua kapal perang Tentera Laut Diraja Malaysia, yaitu KD Yu 3508 dan KD Ganas 3503 memasuki perairan Ambalat sejauh 4 mil laut.

Melihat ulah dua kapal perang Malaysia berjenis kapal cepat peluru kendali dan kapal meriam, KRI Layang 805 yang sedang berpatroli di perairan Ambalat langsung mengusir kedua kapal yang berkecepatan antara 14 hingga 16 knot. KRI Layang 805 memaksa kedua kapal tersebut keluar dari perairan.

Danlanal Tarakan Kolonel Laut Bambang Irwanto mengatakan, ia mendapatkan laporan bahwa dua kapal perang Malaysia tersebut masuk ke perairan Karang Unarang. "Namun dua kapal itu telah dihalau KRI Layang keluar dari perairan," katanya, saat dihubungi Media Indonesia, Selasa.

Bambang mengungkapkan, dalam pengusiran kedua kapal negara tetangga tersebut, TNI AL telah melaksanakan sesuai dengan protap. "Saya kira telah sesuai dengan protap yang ada di lapangan. Setiap ada kapal masuk di perbatasan, pastinya dideteksi oleh gabungan KRI yang ada dalam tugas laut," ucapnya.

Bambang juga mengatakan, hingga saat ini kapal perang TNI AL masih terus berpatroli secara rutin di perairan Karang Unarang. "Beberapa kapal ada di daerah perbatasan. Satuan kapal ini berpatroli sesuai tugas utamanya," ujarnya.

MEDIA INDONESIA

No comments:

Post a Comment