Wednesday, August 19, 2009

Sukhoi TNI-AU dan F-18 AS Bermanuver di Manado

Kapal Induk USS George Washington (CVN-73) beserta satuan udaranya. (Foto: navsource.org)

19 Agustus 2009, Jakarta, -- Tiga unit pesawat Sukhoi SU-30MK TNI Angkatan Udara akan bermanuver bersama F-18 Hornet Angkatan Udara Amerika Serikat dalam bentuk terbang lintas pada kegiatan internasional "Sail Bunaken" Jumat (19/8) di Manado.

Penanggung jawab terbang lintas TNI Angkatan Udara Kolonel Pnb Arif Mustofa ketika dikonfirmasi ANTARA di Jakarta, Jumat mengatakan, terbang lintas akan dilaksanakan bersamaan dengan layar lintas sekitar 25 kapal perang dari 33 negara yang ikut dalam Sail Bunaken 2009.

Terbang lintas akan diawali dengan penampilan empat unit pesawat udara Nomad TNI Angkatan Laut yang disusul dengan pesawat intai maritim 212-Cassa TNI Angkatan Laut, dan dibelakang bersiap empat F-16 Fighting Falcon TNI Angkatan Udara.

Tak hanya sampai disitu, karena tiga Sukhoi TNI Angkatan Udara dan pesawat tempur Angkatan Udara AS seperti empat F-18 Hornet, dan satu unit E6 Hawk yang merupakan bagian dari armada udara Kapal Induk USS George Washington (CVN-73) juga tampil dalam terbang lintas tersebut.

Bersamaan dengan terbang lintas tersebut, akan dilakukan layar lintas sejumlah kapal perang yang berparade dari Pelabuhan Bitung menuju Manado. Layar lintas diikuti 25 kapal asing, dua kapal layar tiang tinggi asing, enam kapal perang Indonesia serta dua kapal layar tiang tinggi "Dewaruci" dan "Arung Samudra".

Dari 25 kapal perang asing itu, AS merupakan negara satu-satunya yang mengirimkan kapal induk yakni USS George Washington (CVN-73).

Kapal induk USS George Washington (CVN-73) berada di bawah naungan komando Armada Atlantik AS dan bermarkas di Norfolk, Virginia, AS.

Sejumlah kapal perang yang akan berparade itu telah diberangkatkan dari Pelabuhan Bitung sekitar pukul 09.00 WITA hingga tepat pukul 16.00 waktu setempat melintas di depan podium kehormatan di Manado, bersamaan dengan terbang lintas beberapa pesawat tempur.

Bertindak selaku inspektur upacara pada parade kapal perang internasional itu adalah Menteri Koordinator Politik, Hukum dan Keamanan Widodo Adi Sutjipto.

Parade kapal perang yang merupakan puncak dari "Sail Bunaken 2009" juga dihadiri Panglima TNI Jenderal TNI Djoko Santoso dan ketiga kepala staf angkatan darat, laut dan udara serta kepala staf angkatan laut, delegasi negara peserta.

ANTARA News

No comments:

Post a Comment

Post a Comment