Wednesday, August 19, 2009

Gladi Posko Latihan Angkasa Yudha 2009


19 Agustus 2009, Jakarta -- Latihan Angkasa Yudha pada hakekatnya adalah menguji tingkat kesiapan operasional TNI Angkatan Udara, juga menguji kemampuan Kotama Operasi dikaitkan dengan Doktrin Swa Bhuwana Paksa dalam melaksanakan operasi udara.

Demikian sambutan Kepala Staf Angkatan Udara (Kasau) Marsekal TNI Subandrio yang disampaikan Wakil Kepala Staf Angkatan Udara (Wakasau) Marsdya TNI Wardjoko pada pembukaan geladi posko Angkasa Yudha 2009 di Kampus Seskoau Lembang, Selasa (18/8).

Dikatakan, Latihan Angkasa Yudha merupakan latihan puncak TNI Angkatan Udara dan merupakan akumulasi dari berbagai latihan yang dilaksanakan secara bertahap, bertingkat dan berlanjut, yang dicapai dari pembinaan dibidang intelijen, operasi, personel, logistik maupun di bidang komunikasi elektronik (Komlek) yang dilakukan selama ini.

Berdasarkan UU RI Nomor 34 Tahun 2004, TNI Angkatan Udara sebagai salah satu komponen pertahanan negara bertugas melaksanakan tugas TNI matra udara di bidang pertahanan, menegakkan hukum dan menjaga keamanan di wilayah udara yuridiksi nasional sesuai dengan ketentuan hukum nasional dan hukum internasional yang telah diratifikasi.

Bila dihadapkan dengan kondisi nyata kemampuan dan kekuatan udara saat ini, hendaknya dapat mengambil sample dari bagian yang dapat kita tingkatkan kesiapannya. Koopsau, Kohanudnas dan Korpaskhas beserta seluruh jajaran merupakan aset kekuatan udara yang sewaktu-waktu dapat diproyeksikan dalam melaksanakan tugas operasi udara baik dalam Operasi Militer Perang (OMP) maupun Operasi Militer Selain Perang (OMSP). Oleh kerenanya sinergi kemampuan dan kekuatan serta inter operability dari ketiga kekuatan tersebut dapat dilatih dan diuji dalam latihan ini.

Melalui tema “Komando Tugas Udara (Kogasud) bersama dengan Komando Pertahanan Udara Nasional (kohanudnas) melaksanakan rangkaian operasi udara di wilayah NAD dalam rangka menegakkan integritas kedaulatan NKRI”, menggambarkan adanya hubungan koordinasi, komando dan pengendalian antara dua komando tugas yang secara simultan melaksanakan tugas operasi udara.

Latihan Angkasa Yudha Tahun 2009 dilaksanakan dengan metode geladi posko dan Tactical Air Maneuver Game (TAMG), tanpa adanya latihan manuver lapangan. Geladi posko dan TAMG dapat dimanfaatkan seluas-luasnya guna menguji doktrin yang sudah ada, sekaligus mencari peluang untuk penyempurnaan.

DISPENAU

No comments:

Post a Comment

Post a Comment