Tuesday, February 3, 2009

TNI AU Terima Tiga Sukhoi


3 Februari 2009, Makassar -- TNI Angkatan Udara yang diwakili oleh Wakil Kepala Staf Angkatan Udara (Wakasau) Marsdya TNI Wardjoko menerima tiga unit pesawat Sukhoi SU-30MK2 dari Mabes TNI, dari enam yang direncanakan untuk melengkapi satu Skadron diserahkan Irjen TNI Letjen TNI Liliek AS, di Lanud Sultan Hasannudin Makassar, Senin (2/2).

Sebelumnya Sekjen Dephan Letjen TNI Sjafrie Syamsudin menerima pesawat tersebut dari pemerintah Rusia yang disampaikan oleh Dubes Rusia di Jakarta Alexander Ivanop, sekaligus menerima sertifikasi kelaikan pesawat yang kemudian diserahkan kepada Mabes TNI.


Dalam sambutannya Sekjen Dephan mengatakan, pesawat tempur Sukhoi SU-30MK2 merupakan alutsista yang dapat memperkuat jajaran TNI AU khususnya Skadron Udara 11 Koopsau II, guna mendukung pelaksanaan tugas TNI dalam menjaga kedaulatan negara, mempertahankan keutuhan wilayah NKRI, menegakkan hukum dan menjaga keamanan di wilayah yuridiksi nasional.

Penempatan Skadron Udara 11 Sukhoi di Lanud Sultan Hasannudin Makassar didasarkan pada pertimbangan taktis dan strategis untuk memelihara kedaulatan NKRI, serta dapat menjadi kebanggaan masyarakat Sulawesi Selatan dan diharapkan TNI AU dapat mengoperasionalkan secara optimal alutsista ini termasuk sistem pemeliharaan dan perawatannya, ujar Sekjen Dephan.

Dubes Rusia Alexander Ivanop mengatakan, pembelian alutsista TNI AU didasarkan kepada saling menguntungkannya kedua belah pihak, karena kerjasama dengan TNI AU sudah terjalin sejak tahun 1960-an dengan pengiriman pesawat MIG-17 yang terkenal cukup canggih pada masanya. Pemerintah Rusia juga menawarkan pengadaan kapal selam kepada pemerintah RI. (tni-au.mil.id)

No comments:

Post a Comment