Thursday, February 5, 2009

Pangarmatim Tutup Latihan Kopaska dengan US Navy Seal

4 Februari 2009, Surabaya -- Panglima Komando Armada RI Kawasan Timur (Pangarmatim), Laksda TNI Lili Supramono di Surabaya, Rabu menutup latihan bersama antara Komando Pasukan Katak (Kopaska) dengan pasukan katak AL AS (US Navy Seal).

Pangarmatim dalam sambutannya mengatakan bahwa untuk mengantisipasi situasi dan kondisi ke depan yang memiliki kerawanan tinggi, seperti ancaman teroris dan masalah keamanan di dalam negeri diperlukan pola pengamanan yang tepat.

Berkaitan dengan itu, latihan bersama Kopaska TNI AL dengan 'US Navy Seal' ini diharapkan dapat berdampak positif bagi profesionalisme prajurit TNI AL dalam pengamanan wilayah maritim," kata laksamana berbintang dua itu.

Ia mengemukakan, latihan bersama itu merupakan bentuk kerjasama Pemerintah RI dengan Amerika Serikat, khususnya di bidang kemiliteran.

Karena itu, ia berharap, agar latihan ini dapat terlaksana secara terprogram, terus-menerus dan berjenjang, disertai dengan peningkatan kualitas materi dari waktu ke waktu. Latihan itu harus dilakukan dengan prinsip saling menghormati dan menguntungkan kedua negara.

"Di sisi lain, latihan dengan negara sahabat diharapkan dapat meningkatkan kemampuan prajurit, menyangkut teknik dan taktik, baik perorangan maupun tim, sehingga terbentuk jiwa prajurit yang benar-benar profesional," katanya.

Menurut dia, dengan memiliki prajurit yang profesional dan peralatan tempur yang canggih, maka tugas TNI AL dalam menjaga kewibawaan dan kedaulatan serta integritas NKRI, khususnya di laut dapat dilaksanakan dengan baik.

Kadispen Koarmatim, Letkol Laut (KH) Drs Toni Syaiful menambahkan, pada latihan ini, Kopaskan TNI AL mengerahkan empat tim atau 28 personel, sedangkan dari "US Navy Seal" menyertakan 15 personelnya.

"Selain sniper, mereka juga berlatih peperangan di ruang tertutup, perang hutan, bertahan hidup di hutan dan lainnya," katanya.

Selain personel, latihan "Flash Iron 09-01" selama satu bulan itu juga melibatkan satu kapal perang, satu helikopter, dua "Sea Rider" serta lima perahu karet. Latihan dilaksanakan di Markas Koarmatim, Selat Madura, Pantai Banongan, Situbondo serta Selogiri, Banyuwangi. (anatarajatim.com)

No comments:

Post a Comment