Friday, February 6, 2009

Hanya Perwira Pilihan Yang Bertugas di AAL

Akademi Angkatan Laut Bumimoro, Surabaya (Foto: surabaya.go.id)

6 Februari 2009, Surabaya -- Sebagai wadah dan pusat pembentukan calon perwira pemimpin TNI AL masa depan, AAL saat ini dituntut untuk dapat menghasilkan para lulusan perwira yang mampu memimpin organisasi TNI AL mulai dari tingkat satuan sampai tingkat komando atas. Perwira lulusan Akademi Angkatan Laut dituntut untuk selalu peka, waspada dan dewasa dalam menyikapi berbagai dinamika perkembangan dan kemajuan lingkungan strategis yang semakin komplek di abad 21 sehingga tidaklah berlebihan bahwa yang bertugas di AAL adalah para personel pilihan dan terbaik yang diharapkan mampu berperan sebagai Agent Of Change. Demikian dikatakan Gubernur AAL Laksda TNI Moch Jurianto SE,.pada upacara serah terima jabatan Kepala Departemen Suplay dari Kolonel Laut (S) Ignatius Agung Sutoyo kepada pejabat baru Kolonel Laut (S) Sapto Adi di gedung Dewakang AAL Bumimoro, Surabaya, Kamis (5/2).

Selanjutnya Perwira kelahiran Surabaya ini menegaskan bahwa pergantian jabatan yang dilaksanakan secara terencana, terarah, dan berkesinambungan pada dasarnya merupakan tuntutan organisasi. Di dalamnya terkandung makna bersifat strategis yaitu peremajaan dan kaderisasi kepemimpinan. Sebagai aktualisasi dari transformasi TNI yang terjadi dengan adanya penambahan alut sista baru akan memberikan konsekuensi tuntutan profesionalisme prajurit pengawak organisasi khususnya perwira. Untuk menyikapi hal tersebut, diperlukan kesamaan dan kesatuan pola pikir, pola sikap dan pola tindak bagi kita semua.

Kolonel Laut (S) Ignatius Agung Sutoyo selanjutnya menjabat sebagai Kepala Depo Pusat Perbekalan Wilayah Barat (Kadopusbekbar) sedangkan pejabat baru Kolonel Laut (S) Sapto Adi sebelumnya berdinas di Dinas Perbekalan TNI AL (Disbekal) Mabesal. Pada hakikatnya tugas bagi setiap perwira adalah segala-galanya, karena tugas itu adalah amanah, kehormatan, kebanggaan sekaligus harga diri. “Tugas merupakan amanah, kepercayaan, dan sekaligus kehormatan yang diberikan oleh TNI, bangsa, dan negara untuk dilaksanakan dengan seksama serta penuh rasa tanggung jawab,” tambah Gubernur AAL.(tni.mil.id)

No comments:

Post a Comment