Friday, February 10, 2012

TNI AL Gelar Operasi Alur Hiu-12

KRI Ahmad Yani-351. (Foto: Lantamal VI)

10 Februari 2012, Makassar: Bertempat di Perairan Selat Makassar, Komandan Gugus Keamanan Laut Armada RI Kawasan Timur (Guskamlatim) Laksamana Pertama TNI Siwi Sukma Adji memimpin pelaksanaan Operasi/Latihan Tempur Laut dengan sandi “Alur Hiu-12”. Operasi Alur Hiu-12 merupakan operasi keamanan laut yang dilaksanakan rutin sepanjang tahun oleh TNI AL dengan tujuan untuk menjaga keamanan perairan Indonesia di sepanjang ALKI II dan III.

Empat KRI yang melaksanakan latihan tempur laut terpadu di Perairan Selat Makassar yaitu KRI Ahmad Yani-351 dengan Komandan Kolonel Laut (P) Ariantyo Condrowibowo, KRI Ajak-653 dengan Komandan Letkol Laut (P) Joni Sudianto dan KRI Birang-831 dengan Komandan Mayor Laut (P) Lewis N Nainggolan. Sebelum melaksanakan latihan tempur laut, dilaksanakan pemantapan dan pemaparan rencana latihan di Mako Lantamal VI Makassar.

Dalam sambutan Komandan Gugus Keamanan Laut Armada RI Kawasan Timur Laksamana Pertama TNI Siwi Sukma Adji menyampaikan arahan bahwa melihat perkembangan situasi saat ini, maka dalam melaksanakan operasi jangan terpaku pada kegiatan rutinitas, dinamika kegiatan harus selau diikuti dan diantisipasi terutama dalam melaksanakan operasi pengamanan ALKI II dan III. Kesiapsiagaan setiap unsur harus selalu diuji keterampilannya. Ancaman ke depan akan semakin berat, untuk itu perlu adanya peningkatan profesionalisme pengawak Alut Sista. Diharapkan TNI AL dalam melaksanakan tugas pokoknya untuk menjaga keamanan dan kedaulatan negara di laut dapat terlaksana dengan baik.

KRI Ajak-653. (Foto: Lantamal VI)

Hadir dalam kegiatan tersebut Wadan Lantamal VI, Asops Danlantamal VI, Aslog Danlantamal VI, Asintel Guskamlatim, Aslog Guskamlatim, dan seluruh Perwira KRI dan Perwira Lantamal VI yang terlibat dalam kegiatan latihan tersebut. Adapun materi latihan tempur laut terpadu yang dilaksanakan meliputi latihan Lawan Sabotase Bawah Air (LSBA), Keluar Masuk Alur Pelabuhan, Melewati Medan Ranjau, Flag Hoist, Flashex, Manuvra Taktis dan Pertahanan Udara.

Secara bersamaan Lantamal VI juga menggelar latihan Pertahanan Pangkalan. Komandan Lantamal VI Brigadir Jenderal Marinir Suwandi Thahir mengharapkan melalui Latihan Pangkalan yang digelar ini dapat mengsinergikan kerjasama yang baik antara KRI dengan Pangkalan sehingga dapat meningkatkan kemampuan tempur Prajurit Matra Laut yang senantiasa siap sedia dalam menghadapi medan penugasan.

Sumber: Dispen Lantamal VI

1 comment:

  1. TAHUN INI PT PAL TELAH REFORMIS, SELANJUTNYA DENGAN ARAHAN TERPADU DARI PANGLIMA TNI, MENHAN, MENEG BUMN, DAN TENTUNYA PRESIDEN REPUBLIK INDONESIA MENGINSTRUKSIKAN AGAR TAHUN INI PULA ADALAH TAHUN BEKERJA-BEKERJA-BEKERJA. TAK ADA KATA LENGAH, LETIH, LESU, APALAGI MALAS.MAKA MULAI PADA TAHUN INI PT PAL AKAN MEMBUAT PULUHAN DESTROYER, FREGAT, ESCORT, AIRCRAFTS AND HELICOPTERS CARRIER, SUBMARINE, AMPHIBIOUS TANK, DAN LAIN-LAIN. TAHUN INI ADALAH TAHUN KERJA KERAS SEMANGAT TERPANCAR PENUH PENGORBANAN BAGI BANGSA INDONESIA. SELAMAT BEKERJA WAHAI PARA PATRIOT BANGSA. MERDEKA MERDEKA MERDEKA.

    ReplyDelete