Thursday, February 9, 2012

Menhan Terima Delegasi US-ASEAN Business Council Jajaki Kerjasama Industri Pertahanan

Menteri Pertahanan Purnomo Yusgiantoro (kanan) didampingi Kabaranahan Kemhan Mayjen TNI Ediwan Prabowo (kedua kanan) saat mempimpin pertemuan dengan delegasi US-ASEAN Business Council di Kantor Kementerian Pertahanan, Jakarta, Rabu (8/2). Pertemuan dengan US-ASEAN Business Council yang mewakili sekitar 100 perusahaan Amerika tersebut membahas hubungan bilateral di sektor perdagangan, penguatan ekonomi dan integrasi ekonomi. (Foto: ANTARA/Puspa Perwitasari/pd/12)

8 Februari 2012, Jakarta: Menteri Pertahanan Republik Indonesia Pramono Yusgiantoro menerima kunjungan Delegasi US-ASEAN Business Council, yang dipimpin Alexander C Feldman, di Kantor Kementerian Pertahanan RI, Jakarta, Rabu (8/2).

"Kunjungan ini adalah bagian dari serangkaian kunjungan rutin tahunan ke Indonesia dalam rangka mempererat hubungan dan kerjasama dengan pemerintah Indonesia," kata Sekjen Kemhan Marsekal Madya Erris Hariyanto, usai mendampingi Menhan RI dalam pertemuan dengan Delegasi US-ASEAN Business Council.

Menurut Erris, delegasi tersebut ke menteri pertahanan untuk membicarakan kemungkinan kerjasama industri pertahanan. Sementara ini baru sebatas penjajakan. "Dia mau bekerjasama kalau diperlukan di Indonesia. Tadi sudah disampaikan juga kita sudah bekerjasama dengna Amerika. Intinya hanya mengenalkan ada bisnis council ASEAN yang bisa bekerjasama belum sampai pada penawaran," ujar Erris.

Erris menambahkan, dalam pertemuan tersebut juga menyinggung soal-soal prinsip yang sudah berjalan, di antaranya terkait dengan keamanan ASEAN. Selain itu, mereka juga menanyakan hasil pertemuan ASEAN. "Untuk menjaga keamanan ASEAN selama ini. Khususnya hasil pertemuan ASEAN Defence Minister Meeting," urai Erris.

Sebelumnya, Menhan telah bertemu utusan Amerika Serikat untuk bicara soal strategi pertahanan terkait komitmen keamanan di Asia Pasifik.

US-ASEAN Business Council mewakili sekitar 100 perusahaan besar Amerika Serikat, yaitu perusahaan-perusahaan yang telah mempunyai usaha selama lebih dari 100 tahun sampai dengan perusahaan-perusahaan yang baru saja mempunyai kegiatan usahanya di ASEAN. US ASEAN Business Council telah didedikasi untuk mengefektifkan hubungan bilateral negara-negara ASEAN dengan Amerika Serikat melalui kekuatan ekonomi dan perdagangan. Di sektor finacial, salah satu agendanya adalah integrasi ekonomi ASEAN.

Sumber: InfoPublik

No comments:

Post a Comment