Monday, February 6, 2012

KASAL: Idealnya Indonesia Punya 12 Kapal Selam

Awak KRI Nanggala-402 foto bersama di depan kapal selam KRI Nanggala di Korsel. (Foto: Kaskus)

6 Februari 2012, Surabaya: Luas laut Indonesia sekitar lima juta kilometer persegi dengan tiga alur laut kepulauan Indonesia yang terbuka untuk kepentingan pelayaran damai. Kini Indonesia memiliki 155 kapal perang berbagai tipe dan jenis dan khusus untuk kapal selam, diperlukan minimal enam unit dalam status siap operasi tempur.

"Begini, kekuatan minimal kita itu enam. Dengan perhitungan dua kapal selam disiagakan bertugas, dua siaga operasi, dan dua lagi servis berkala," kata Kepala Staf TNI-AL, Laksamana TNI Soeparno, Senin, seusai menyambut kehadiran kembali KRI Nanggala-402 dari pelayaran 17 hari selepas perbaikan menyeluruh di Korea Selatan.

Kapal selam tipe U-209/1300 buatan Jerman pada 1981 itu diperbaiki menyeluruh di Daewoo Shipbuilding & Marine Engineering di Okpo, Korea Selatan, sejak dua tahun lalu. Kini kapal selam itu semakin berotot dan makin awas semua "panca indera"-nya setelah banyak sistemnya diperbarui memakai teknologi terkini di kelasnya.

Salah satunya adalah teknologi sistem manajemen tempur dan operasi secara digital dari Norwegia menggantikan sistem Sinbad buatan Belanda hasil teknologi dasawarsa '80-an. Kapal selam berkelir hitam ini sudah mampu meluncurkan empat torpedo sekaligus secara salvo dalam tempo sangat rapat adalah salah satu bentuk kemampuan yang ditingkatkan itu.

Pemimpin pelayaran pulang KRI Nanggala-402 itu adalah Letnan Kolonel Pelaut Purwanto, didampingi belasan perwira dan belasan bintara serta tamtamanya. Masih ada dalam pelayaran itu beberapa teknisi kunci dari pihak Daewoo untuk mengawasi kinerja instrumen-instrumen dan program komputer yang diadopsi.

Dengan begitu, TNI-AL kini memiliki dua kapal selam siap operasi tempur dan misi khusus lain, yaitu KRI Nanggala -402 dan KRI Cakra-401 dari kelas yang sama dan tergabung dalam Satuan Kapal Selam Komando Armada Indonesia Kawasan Timur TNI-AL.

Menyinggung keperluan ideal kapal selam Indonesia, Soeparno yang didampingi Ketua Komisi I DPR, Mahfudz Siddiq, menyatakan, "Yang ideal, Indonesia memiliki 12 kapal selam seperti waktu dasawarsa '60-an itu."

Jika tiada halangan, tiga tahun ke depan Indonesia akan menambah lagi kekuatan flotila kapal selammnya menjadi lima secara keseluruhan. Ada wacana pangkalan kapal selam ini akan ditempatkan di lokasi baru di Indonesia bagian tengah.

Komisi I DPR, kata Siddiq, menghendaki pemerintah menambah anggaran belanja arsenal militer nasional hingga angka Rp78 triliun dari sekitar Rp1.300 triliun APBN tahun depan. "Kerugian negara akibat ketidakmampuan kita menjaga wilayah maritim bangsa ini sebanyak Rp40 triliun memakai data pada 2007. Kini angka itu bisa bertambah lagi," katanya.

Sumber: ANTARA News

1 comment:

  1. NASIONALISME HARUS DIBANGUN DAN DITEGAKKAN ATAS DASAR DRAFT KONSEP KEIKHLASAN MENGABDI KEPADA TUHAN YANG MAHA ESA. SEHINGGA DENGAN KUASA-NYALAH KITA DIIZINKAN DENGAN DIBERI KEKUATAN PENUH MULTI DIMENSI DALAM MENGUPAYAKAN DAN MEREALISASIKAN KEMAJUAN DAN KEMAKMURAN BANGSA INDONESIA.NASIONALISME YANG DIBANGUN TANPA DASAR ITU SEMUA, ATAU DALAM ARTIAN SEMPIT NASIONALISME YANG DIBANGUN ATAS DASAR PENGABDIAN PADA SAKU CELANA DAN REKENING BANK MILIK PRIBADI ATAU DALAM BAHASA SEDERHANA YAKNI NASIONALISME MATRE ATAU NASIONALISME DOMPET MAKA HAL ITU HANYA AKAN MENGHASILKAN NASIONALISME YANG SEMPIT, CETEK, DAN TIDAK CERDAS.HAL ITU PULALAH YANG AKAN MENGHASILKAN BANGSA INDONESIA YANG LEMAH, BODOH, MUDAH DIINVASI OLEH AMERIKA SERIKAT DAN SELURUH SEKUTU-SEKUTUNYA HINGGA PADA AKHIRNYA BANGSA INDONESIA MATI DALAM KEMISKINAN LANTAS DIKENCINGI OLEH PASUKAN AMERIKA SERIKAT, SEPERTI YANG BARU-BARU INI TELAH TERJADI DIBUMI AFGHANISTAN. MARI KITA BERSATU, BANGKIT DARI TIDUR PANJANG, MEMBANGUN, DAN MEREALISASIKAN BANGSA INDONESIA YANG KUAT, TANGGUH, ADIL, MAKMUR, DAN SEJAHTERA DIBAWAH LINDUNGAN TUHAN YANG MAHA ESA. MERDEKA !!!! MERDEKA !!! MERDEKA !!!

    ReplyDelete