Thursday, November 11, 2010

3 Kapal Perang Kolinlamil Angkutan Pasukan 5 Batalyon

KRI Teluk Bone. (Foto: Dispenal)

10 November 2010, Jakarta -- Tiga Unsur kapal perang jajaran Komando Lintas Laut Militer (Kolinlamil) KRI Tanjung Kambani-971, KRI Teluk Amboina-503 dan KRI Teluk Bone-511 melaksanakan operasi pergeseran pasukan dengan kekuatan 5 batalyon dan tiga kompi pasukan khusus TNI AD lebih dari 3. 250 pasukan usai melaksanakan tugas pengamanan perbatasan dengan negara tetangga dari Papua ke pangkalan induk pasukan.

KRI Tanjung Kambani-971 dengan Komandan Letkol Laut (P) Heri Winarno melaksanakan kegiatan lintas laut ke Jakarta setelah menurunkan pasukan (debarkasi) lebih dari 600 anggota Batalyon 527 usai bertugas pengamanan perbatasan di Jayapura kembali ke pangkalan induk Kodam V Brawijaya di dermaga ujung TNI AL Surabaya.

Selain itu menurunkan pasukan Batalyon infanteri 713 yang telah melaksanakan tugas pengamanan perbatasan selama satu tahun di Jayapura kembali ke satuan induk di Gorontalo di bawah Kodam VII Tanjung Pura dan mengangkut satu kompi pasukan khusus TNI AD kembali ke pangkalan induk Jakarta.

Sementara itu KRI Teluk Amboina-403 dengan Komandan KRI Letkol Laut (P) Desmon Hermono Kusumo merapat di dermaga Makasar dalam rangka melaksanakan debarkasi pasukan batalyon 433 kostrad kembali ke pangkalan induk di Makasar usai bertugas sebagai pasukan pengamanan perbatasan di Merauke, Rabu (10/11).

Menurut Komandan KRI saat dihubungi mengatakan bahwa di Kapal perang KRI Teluk Amboina masih onboard pasukan khusus TNI AD dengan kekuatan satu kompi akan kembali ke pangkalan induk Jakarta setelah selesai penugasan di Merauke.

Selama sandar di Makasar melaksanakan kegiatan bekal ulang bahan bakar dan bahan basah serta kebutuhan logistik lainnya untuk melanjutkan pelayaran kembali ke pangkalan Jakarta.

Sedangkan KRI Teluk Bone-511 dengan komandan Letkol Laut (P) Yuusuf Setiawan telah melaksanakan debarkasi pasukan Batalyon 132 Bima Sakti Dumai Kodam I/Bukit Barisan dengan kekuatan lebih dari 600 orang yang akan bertugas sebagai pasukan pengamanan perbatasan di Merauke, Rabu (10/11). Selanjutnya melaksanakan embarkasi pasukan untuk kembali ke pangkalan induk di Nabire Batalyon Infanteri 753 dari Kodam XVII Cenderawasih usai bertugas di Merauke.

Dispenkolinlamil

No comments:

Post a Comment

Post a Comment