Wednesday, January 13, 2010

Latihan Pertahanan Pangkalan Lanud Balikpapan


13 Januari 2009, Balikpapan -- Untuk meningkatkan penguasaan operasi, baik dalam perencanaan dan pengendalian pertahanan pangkalan serta melatih koordinasi tim Komandan Lanud Balikpapan Letkol Pnb Arif Widianto mengadakan latihan pertahanan pangkalan yang bertempat di Lanud Balikpapan dan pantai manggar, Balikpapan (13/01).

Latihan ini dimaksudkan untuk antisipasi terhadap krisis politik nasional dan ekonomi, musibah bencana nasional serta gangguan keamanan di beberapa daerah dalam wilayah Indonesia yang belum juga selesai membawa dampak ke daerah Balikpapan berupa gejolak di bidang poleksosbud serta gangguan keamanan. Kondisi ini telah menimbulkan terjadinya gerakan-gerakan separatis yang melahirkan aksi-aksi kekerasan, terror, perusakan maupun gangguan keamanan lainnya.

Skenario diawali dengan pendadakan dimana dalam waktu kurang dari 10 menit seluruh anggota Lanud harus sudah terkumpul. Selanjutnya berdasarkan laporan yang diterima kelompok separatis telah menimbulkan keamanan di perairan selat Makasar dan menguasai kapal Satkamla. Atas dasar perintah untuk membantu satuan samping dari komando atas, Dansatlakopsud memerintahkan memberangkatkan 2/3 kekuatan untuk membantu satuan samping.

Karena adanya gerakan Klandestain dibantu dengan simpatisan separatis pada saat pergerakan 2/3 kekuatan keluar pangkalan membantu satuan samping. Kelompok separatis berhasil melumpuhkan 1/3 kekuatan Lanud yang standbye. Terkait hal tersebut, 2/3 kekuatan lanud segera melaksanankan peerebutan pangkalan, dari tangan separatis dengan menerapkan taktik tempur dan protap yang telah dibuat.

Dalam sambutannya Danlanud mengatakan latihaan yang baik tentunya tidak hanya mempersiapkan peserta latihan untuk menghadapi kondisi normal, namun juga ditujukan untuk meningkatkan ketrampilan dalam kondisi tidak normal. Dalam konteks inilah latihan pertahan pangkalan ini perlu dilaksanakan sebagai sarana untuk meningkatkan penguasaan operasi pertahanan pangkalan.

PENTAK LANUD BALIKPAPAN

No comments:

Post a Comment

Post a Comment