Monday, January 11, 2010

Indobatt Pantau Wilayah Operasi dari Udara


10 Januari 2010, Lebanon -- Meski kondisi cuaca di Lebanon Selatan saat ini tengah memasuki musim dingin, Satgas Batalyon Mekanis TNI Konga XXIII-D/Unifil (Indonesian Battalion /Indobatt) di bawah pimpinan Letkol Inf Andi Perdana Kahar selaku Komandan Satgas Minggu pagi (10/01) tetap melaksanakan patroli udara (Air Patroll) dengan menggunakan pesawat Helly jenis Super-Puma milik Spanair.

Menurut Dansatgas Konga XXIII-D/Unifil Letkol Inf Andi Perdana Kahar, patroli udara dilaksanakan guna memantau secara langsung kondisi keamanan di wilayah operasi Indobatt.

Dalam patroli itu, Letkol Inf Andi Perdana Kahar didampingi Pasi Udara Indobatt Lettu Lek Yudi Amrizal dan Letda Inf Yudi Susilo serta beberapa Perwira Indobatt,

Patroli ini rutin dilaksanakan setiap bulan, mengingat wilayah operasi Indobatt tersebar di beberapa wilayah setingkat Kecamatan di Lebanon Selatan. Penerbangan ini dilaksanakan selama satu jam pada ketinggian 500 m di atas permukaan air laut, dengan suhu rata-rata 16 derajat celcius.

Dikatakan Dansatgas, bahwa dari hasil pemantauan melalui udara, kondisi wilayah Lebanon Selatan saat ini cukup stabil. Namun demikian, Indobatt tetap melaksanakan berbagai upaya preventif untuk mencegah segala kemungkinan buruk yang mungkin terjadi, salah satu contohnya jika seandainya terjadi peluncuran roket dari wilayah operasi Indobatt.

Selain itu, Air Patroll juga dimanfaatkan untuk mengamati secara langsung kegiatan para prajurit Indobatt yang sedang melaksanakan penjagaan di sepanjang Blue Line perbatasan Lebanon – Israel.

Indobatt-10Jan2Di samping itu, pada beberapa lokasi masih banyak perkiraan penyebaran UXO (Unexploded Ordnance) dan Land Mines yang belum ditemukan serta besar kemungkinannya UXO tersebut masih aktif. Dengan kondisi medan di Lebanon yang terdiri dari bukit dan lembah yang terjal seperti ini, patroli udara sangat efisien sehingga dapat memantau kondisi keamanan di seluruh wilayah tanggung jawab Indobatt, tambah Dansatgas.

POS KOTA

No comments:

Post a Comment