Tuesday, January 12, 2010

KSAD: Segera Dibentuk Kodam di Kalbar


12 Januari 2009, Semarang -- Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal TNI George Toisutta menyatakan pada tahun 2010 ini akan segera dibentuk Komando Daerah Militer (Kodam) di Provinsi Kalimantan Barat.
"Berdasarkan permintaan masyarakat dan hasil kajian secara menyeluruh oleh TNI Angkatan Darat maka pembentukan Kodam akan segera dilaksanakan di Provinsi Kalimantan Barat," kata KSAD usai upacara serah terima jabatan Pangdam IV/Diponegoro dari Mayjen TNI Haryadi Soetanto kepada Mayjen TNI Budiman, di lapangan Makodam IV/Diponegoro Semarang, Selasa.

Mengenai pembentukan Kodam di wilayah lain, KSAD mengatakan hal tersebut masih terus dikaji termasuk di wilayah Papua.

Menurut KSAD, di Kodam IV/Diponegoro sendiri juga masih terus dilakukan pengkajian mengenai apakah Kodim dan Korem yang ada selama ini sudah cukup atau perlu dibentuk lagi.

Ia menjelaskan, setelah dilakukan pengkajian secara mendalam, hasilnya kemudian akan diserahkan kepada masyarakat.

"Jadi masyarakat yang menentukan, bukan kami (TNI Angkatan darat, Red)," katanya.

Menurut KSAD, selama ini ada salah persepsi di dalam masyarakat, yakni hal-hal yang seharusnya berlaku untuk internal TNI Angkatan Darat selalu dicampuri dan disoroti oleh pihak atau orang luar.

"Seharusnya kalau mau menyoroti kinerja kami, bersamalah dengan kami. Kritisi dan nasehatilah kami agar kami lebih arif dan bijaksana," ujarnya.

Dengan kata lain, lanjut KSAD, kalau ada yang mengkritik dan memberi masukan pada kami maka yang bersangkutan harus mengalami hal yang sama seperti yang kami.

"Jangan hanya melihat dari luarnya saja," katanya.

Ia menambahkan, pembaruan alat utama sistem persenjataan (alutsista) di TNI Angkatan Darat telah diprogramkan oleh pemerintah.

"Semoga dalam waktu dekat dapat terealisasi, namun hal itu tidak bisa sekaligus dilakukan melainkan secara bertahap karena prioritas tetap pada kesejahteraan masyarakat," ujar mantan Panglima Kostrad.

ANTARA JATENG

No comments:

Post a Comment

Post a Comment