Monday, January 11, 2010

Dankolat Armabar Buka Latihan ATNP

11 Januari 2010, Jakarta -- Komandan Komando Latihan (Dankolat) Armada RI Kawasan Barat (Armabar), Kolonel Laut (P) R. Achmad Rivai, membuka pelatihan Allied Tactical Naval Positioning (ATNP) dalam suatu upacara pembukaan di Kolat Armabar, Jalan Gunung Sahari, Jakarta Pusat, Senin (11/1).

Dankolat mengatakan, kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi akhir-akhir ini dengan segala perkembangannya tidak akan lepas dari kehidupan manusia dalam memenuhi tuntutan berbagai kebutuhannya.

Hal ini ditandai dengan kemudahan-kemudahan yang telah didapatkan manusia melalui pemanfaatan teknologi, bahkan secara perlahan manusia sudah terasa tergantikan oleh mesin-mesin yang diciptakan berdasarkan kemajuan teknologi dan saat ini.

Mencermati hal ini sebagai personel pengawak TNI AL yang dikenal dengan alutsistanya heavy material dan heavy technology juga tidak akan lepas dari tuntutan untuk mampu beradaptasi didalamnya, karena perkembangan dan kemajuan teknologi tidak bisa lagi dihindari.

Allied Tactical Naval Positioning merupakan salah satu fasilitas latihan TNI AL yang baru dan dirancang bangun untuk meningkatkan kemampuan prajurit mengaplikasikan kemampuan taktis di lapangan yang disimulasikan, lebih khusus dalam pemahaman prosedur taktis menggunakan Allied Tactical Prosedur (ATP), dihadapkan dengan pengolahan dan pengendalian atau manuver KRI yang harus dilakukan disamping kemampuan-kemampuan lainya.

Adapun tujuan latihan kali ini berbeda dengan latihan sebelumnya, di mana pelatihan ATNP lebih diutamakan kepada melatih peserta pelatihan selain untuk mengawaki atau menjadi operator juga disiapkan untuk menjadi pelatih.

Latihan ANTP dilaksanakan selama lima hari, diikuti oleh lima belas peserta terdiri dari sepuluh orang perwira dan lima orang bintara yang merupakan perwakilan dari Diskomlek Armabar, Satfib Armabar, Satkor Armabar dan Satban Armabar.

Pangarmabar Tinjau Latihan ATNP

Panglima Komando Armada RI Kawasan Barat (Pangarmabar), Laksamana Muda TNI Marsetio, MM., meninjau Allied Tactical Naval Positioning (ATNP) di Komando Latihan Koarmabar (Kolatarmabar).

ATNP merupakan salah satu fasilitas latihan TNI Angkatan Laut yang baru dan dirancang bangun untuk meningkatkan kemampuan prajurit mengaplikasikan kemampuan taktis dilapangan yang disimulasikan, lebih khusus dalam pemahaman prosedur taktis menggunakan Allied Tactical Prosedur (ATP) dihadapkan dengan pengolahan dan pengendalian atau manuver Kapal Perang Republik Indonesia (KRI) yang harus dilakukan disamping kemampuan-kemampuan lainya.

ATNP ini merupakan gabungan dari sistem mesin sandi generasi elektronika dan mesin auto plotter atau yang lebih dikenal dengan sebutan Electronic Chart Display and Information Syatem. Sistem ini memberikan kemudahan dalam tata cara bernavigasi dan berkomunikasi.

Dalam kunjungan ini Pangarmabar disertai oleh Kepala Staf Koarmabar (Kasarmabar) Laksamana Pertama TNI Hari Bowo, Asisten Logistik (Aslog) Pangarmabar Kolonel Laut (T) Ir. Bambang Nariyono Komandan Kolatarmabar Kolonel Laut (P) R. Achmad Rivai, Senin (11/1).

Dispenarmabar/POS KOTA

No comments:

Post a Comment

Post a Comment