Wednesday, July 15, 2009

Selat Sunda Jadi Prioritas


15 Juli 2009, Bandar Lampung -- Komandan Pangkalan Utama Angkatan Laut (Lantamal) III TNI AL Laksamana Pertama (Laksma) TNI Edy Yusuf menjelaskan Selat Sunda akan menjadi prioritas pengamanan jika eskalasi keamanan regional tidak mendukung.

"Saat ini saja beberapa negara besar sudah mengirimkan kapalnya ke wilayah tersebut, guna mengantisipasi kejahatan laut, seperti pembajakan kapal yang terjadi di Somalia," katanya, di Bandar Lampung, Rabu (15/7).

Namun, lanjutnya, karena masih adanya keterbatasan TNI AL menyangkut sarana keamanan seperti kapal patroli, sehingga pengamanan diprioritaskan kepada perairan yang krusial.

"Kebijakan saat ini mengutamakan pengawasan wilayah yang krusial seperti di Selat Malaka, Ambalat, dan wilayah yang berbatasan dengan Australia," terangnya.

Edy juga menjelaskan, bahwa pemerintah tidak melupakan peningkatan kemampuan antara lain dengan pengadaan kapal baru tipe sigma dari Belanda. Namun, hal itu belum bisa menjangkau seluruh wilayah perairan di Indonesia, sehingga tetap ada prioritas pengamanannya.

Komandan Pangkalan Utama Angkatan Laut (Lantamal) III, Laksamana Pertama (Laksma) TNI Edy Yusuf (tengah) melakukan jabat tangan komando dengan Komandan Pangkalan Angkatan Laut (Danlanal) Lampung yang baru Kol. Laut (P) Weddy Widya (kiri)) dan mantan Danlanal Lampung Kol. Laut (P) Hargianto (kanan), usai serah-terima jabatan dan pelantikan, di Dermaga E PT Pelindo Lampung, di Bandarlampung, Rabu (15/7). (Foto: ANTARA/Triono Subagyo/hm/hp/09)

Komandan Lantamal III tersebut hadir di Lampung dalam rangka memimpin upacara serahterima jabatan dan pelantikan Danlanal Lampung dari Kol Laut (P) Hargianto kepada Kol. Laut (P) Weddy Widya, di Dermaga E PT Pelindo Lampung.

MEDIA INDONESIA

No comments:

Post a Comment

Post a Comment