Tuesday, July 14, 2009

AL dan Uspacom Jalin Kerja Sama Intelijen


14 Juli 2009, Surabaya -- TNI Angkatan Laut (AL) dan Komando Pasukan Asia Pasifik Amerika Serikat (United State Pasific Fleet Command/Uspacom ) menjalin kerja sama di bidang intelijen.

Kerja sama intelijen itu diwujudkan dalam latihan pengembangan personel melalui pertukaran informasi dan pengetahuan di bidang intelijen (Subject Matter Expert Exchange/SMEE) berlangsung selama tiga hari di Komando Pengembangan dan Pendidikan TNI Angkatan Laut (Kobangdikal) Surabaya.

Acara tersebut dibuka oleh Wakil Asisten Pengamanan Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL), Laksma TNI Amri Husaini di gedung Kodikopsla, Kobangdikal, Surabaya, Selasa.

"Kegiatan itu bertujuan untuk memberikan pembekalan kepada perwira TNI di bidang kemampuan analisis dalam menghadapi ancaman terorisme dan tugas manajerial yang bersifat strategis," katanya.

Kegiatan itu meliputi pengembangan personel melalui pertukaran informasi dan ilmu pengetahuan intelijen antara TNI AL dan Uspacom.

Materi yang dibahas dalam acara tersebut, antara lain keamanan Selat Malaka, tugas intelijen dalam mendukung tugas pokok TNI AL, dan paparan tentang organisasi dan tugas marinir.

"Kami berharap, kegiatan ini dapat memberikan tambahan wawasan intelijen bagi personel TNI AL dalam pelaksanaan tugas di satuan masing-masing," katanya.

Sebelum acara itu dibuka, Tim Uspacom yang dipimpin Letkol James Mc Andrew mengadakan kunjungan kehormatan terlebih dulu kepada Wakil Komandan Kobangdikal Brigjen TNI (Mar) Arif Suherman di markas Kobangdikal, Bumimoro, Surabaya.

Pada kesempatan itu, Tim Uspacom disuguhi tayangan profil Kobangdikal. Pada akhir kunjungan tersebut diadakan tukar-menukar cendera mata.

Selain itu, Tim Uspacom juga mengadakan kunjungan kehormatan kepada Wakil Komandan Kodikopsla Kolonel Laut (P) Erman Amir di Ujung, Surabaya.

ANTARA JATIM

No comments:

Post a Comment