Friday, July 17, 2009

INS Arihant Kapal Selam Bertenaga Nuklir Buatan India

Kapal selam bertenaga nuklir Rusia kelas Charlie-1 digunakan India sebagai dasar perancangan dan pembuatan kapal selam bertenaga nuklir INS Arihant. (Foto: wikipedia)

16 Juli 2009 -- India akan meluncurkan kapal selam bertenaga nuklir rudal balistik buatan dalam negeri untuk pertama kalinya di galangan kapal Viskhapatnam, Minggu (26/7). Peresmian peluncuran kapal selam ini akan dilakukan Gursharan Kaur istri Perdana Menteri India Manmohan Singh, mengikuti tradisi peluncuran kapal angkatan laut selalu dilakukan oleh seorang wanita.

Keberhasilan ini menempatkan India kedalam lima negara di dunia yang mampu merancang dan membangun kapal selam bertenaga nuklir sendiri.

Setelah lebih satu dekade melingkupi ketidakpastian nama proyek, Advanced Technology Vessel (ATV) kapal selam bertenaga nuklir pertama buatan dalam negeri India mempunyai nama yaitu Arihant, menyisihkan nama Astra.

Pembangkit tenaga berbahan bakar nuklir dan sistem auxiliary dari INS Arihant akan diuji terlebih dahulu di pelabuhan sebelum uji pelayaran dan persenjataan di Bengal. Arihant dipersenjatai 12 rudal balistik K-15. Serangkaian uji coba ini akan memakan waktu 2 - 3 tahun sebelum kapal selam siap beroperasi.

Kapal selam ini dirancang berdasarkan kapal selam buatan Rusia kelas Charlie-1, dimana India menyewa satu kapal selam kelas Charlie dari bekas Uni Sovyet antara 1987 sampai 1991.

Angkatan Laut India segera menerima kapal selam serang bertenaga nuklir kelas Akula II, kapal selam ini disewa selama 10 tahun dibawah sebuah kesepakatan rahasia senilai 650 juta dolar yang ditandatangani pada Januari 2004. AL India memberi nama kapal selam tersebut INS Chakra, yang akan digunakan untuk melatih personil AL India mengoperasikan kapal selam bertenaga nuklir. Sebelum mengoperasikan kapal selam buatan dalam negeri.

RIA Novosti/@beritahankam

No comments:

Post a Comment

Post a Comment