Monday, June 2, 2014

TNI AU Kerahkan 10 Pesawat Tempur T-50i pada Latgab TNI 2014

Kapten (Pnb) Dwi Cahyadi (kiri) mengacungkan jempol setelah menyelesaikan terbang solo bersama di Pangkalan Udara TNI AU Adi Soemarmo, Boyolali, Jateng, Jumat (11/4). Penerbang Skuadron Udara 15 TNI AU Kapten (Pnb) Dwi Cahyadi dan Kapten (Pnb) Yudhistira menjadi lulusan pertama pendidikan pilot pesawat T-50i Golden Eagle yang dididik di dalam negeri. (Foto: ANTARA FOTO/Andika Betha/Asf/pd/14).

2 Mei 2014,Situbondo: Sebanyak 10 pesawat latih tempur T50 buatan Korea Selatan yang baru bergabung dengan TNI AU, akan unjuk kekuatan pada Latihan Gabungan (Latgab) TNI 2014, di Asembagus, Kabupaten Situbondo, Jawa Timur.

"Pesawat-pesawat ini akan melakukan pengeboman saat latihan puncak nanti bersama dengan pesawat tempur yang lain," kata Komandan Pangkalan TNI AU Surabaya Kolonel (Pnb) Mujianto, di Surabaya, Senin.

Pesawat-pesawat dengan warna dasar biru kuning tersebut, jelas Kolonel Mujianto, siap di Pangkalan TNI AU Surabaya, dan pada puncak latihan 4 Juni, akan terbang ke daerah sasaran yang merupakan pusat kegiatan Latgab 2014, di Pusat Latihan Tempur Marinir, di Asembagus.

Selain T50, kata Kolonel Mujianto, TNI AU juga mengerahkan pesawat tempur Hawk-100 dan Hawk-200 masing-masing 10 unit, F-5 Tiger empat unit, Sukhoi delapan unit dan F-16 sebanyak satu skuadron.

Di luar T50, seluruhnya siaga di pangkalan masing-masing dan saat simulasi penyerangan seluruhnya akan diberangkatkan dari Pangkalan TNI AU Surabaya.

Mujianto menjelaskan bahwa selain menjadi markas pesawat tempur, pangkalannya juga menjadi tempat pesawat-pesawat VIP yang ditumpangi para pejabat untuk menyaksikan latihan puncak.

Sumber: ANTARA News

No comments:

Post a Comment