Thursday, June 5, 2014

Marinir Kuasai Pantai Banongan

(Foto: Dispen Kormar)

05 Juni 2014, Situbondo: Ribuan prajurit Korps Marinir dengan peralatan tempur lengkap, Rabu kemarin (04/06) berhasil menguasai pantai, Banongan, Situbondo, Jawa Timur. Ribuan Marinir yang dikerahkan dari laut dengan menggunakan kendaraan-kendaraan pendarat amfibi dipimpin Komandan Pasmar-1 Brigadir Jenderal TNI (Mar) Siswoyo Hari Santoso ini berhasil merebut dan menguasai pantai setelah melalui pertempuran sengit dengan pihak musuh.

Aksi para Marinir yang disaksikan Menteri Pertahanan (Menhan) RI Prof. Ir. Purnomo Yusgiantoro MSc., MA., Ph.D., Panglima TNI Jenderal TNI Dr. Moeldoko, Para Kepala Staf Angkatan termasuk Kepala Staf Angkatan Laut Laksamana TNI Dr. Marsetio, Komandan Korps Marinir Mayjen TNI (Mar) A. Faridz Washington serta para pejabat militer maupun sipil tersebut merupakan serial dari drama operasi pendaratan amfibi dalam Latihan Gabungan TNI tahun 2014.

Jenderal berbintang satu selaku Komandan Pasukan Pendarat (Danpasrat) dengan didampingi Asops Pasrat Kolonel Marinir Sarjito, memimpin langsung jalannya manuver pasukan dengan berbagai material tempur dalam perebutan wilayah yang telah dikuasai musuh.

(Foto: Dispen Kormar)

Setelah berhasil merebut dan menguasai pantai Banongan, prajurit Marinir dari Batalyon Infanteri-3 Marinir TNI AL yang dikomandani Letkol Marinir Agus Gunawan Wibisono dengan Wadannya Mayor Marinir Andi Ichsan, melakukan operasi darat gabungan untuk menyapu habis musuh yang telah lama menduduki sejumlah perbukitan terjal yang berada di kawasan Pusat Latihan Pertempuran (PLP) Baluran, Karangtekok, Situbondo, Jawa Timur.

Dalam melakukan penyerbuannya, Pamen bermelati dua yang dalam Latgab TNI 2014 berperan sebagai Komandan Brigade ini memimpin penyerbuan dengan menggunakan taktik Penyerbuan Mekanis (Bunis) dan Kerja Sama Infanteri Tank (KSIT), diperkuat dengan persenjataan Artileri dari Resimen Arliteri-1 Marinir, serta sejumlah kendaraan lapis baja dari Resimen Kavaleri-1 Marinir TNI AL.

Tidak hanya menggerakkan para prajuritnya dari Yonif-3 Marinir saja, mantan Komandan PLP Baluran ini dalam melakukan penyerbuan juga mengerahkan ratusan prajurit dari Yonif-1 Mar dan Yonif-5 Marinir TNI AL.

Sumber: Dispen Kormar

No comments:

Post a Comment