Thursday, June 5, 2014

Yonmarhanlan IX Latihan Raid Amfibi

(Foto: Dispen Kormar)

05 Juni 2014, Ambon: Batalyon Marinir Pertahanan Pangkalan (Yonmarhanlan) IX Ambon melaksanakan latihan Raid Amfibi TW. II TA. 2014 di daerah Benteng Karang, wilayah Maluku Tengah, Ambon, Kamis (05/06/2014).

Latihan Raid Amfibi diawali dengan pemberian Perintah Operasi oleh Komandan Raid (Dan Raid) Letda Marinir Welldy Nasution kepada seluruh personel yang terlibat dalam Raid Amfibi, Rabu (04/06) pukul 14.00 WIT di Marseling Area Lantamal IX. Setelah menerima Perintah Operasi pada Kamis (05/06) pukul 00.30 WIT dini hari, satuan tugas Raid bergeser ke titik pemberangkatan dipimpin Komandan Raid untuk melaksanakan embarkasi dan tahapan-tahapan menuju pantai pendaratan. Setelah dinyatakan aman, seluruh unsur melaksanakan pendaratan dengan menggunakan 5 Perahu Karet (PK) sesuai dengan urut-urutan yang telah direncanakan dan membentuk parimeter pantai, kemudian melanjutkan gerakan menuju sasaran.

Cuaca hujan dan medan yang terjal tidak menyurutkan semangat prajurit Yonmarhanlan IX dalam melaksanakan latihan Raid Amfibi. Setelah melewati beberapa sarana kendali dari Titik Awal (TA) menuju Sasaran (SAS) sesuai dengan organisasi darat, tepat pada pukul 04.00 WIT sasaran berupa instalasi komunikasi musuh berhasil dihancurkan oleh pasukan Raid, kemudian dilanjutkan dengan konsolidasi dan pengunduran secara cepat dan terencana.

(Foto: Dispen Kormar)

Kegiatan yang disaksikan langsung oleh Danlantamal IX, Wadanlantamal IX dan Asisten Danlantamal IX tersebut merupakan latihan pembinaan kemampuan Yonmarhanlan IX rutin Triwulan II TA. 2014 sesuai dengan kebijakan Danpasmar-1 yang tertuang dalam program kerja Pasmar-1 bidang Operasi dan Latihan TA. 2014 dan Direktif Danpasmar-1 tentang latihan rutin Pasmar-1 TW. II TA. 2014 dengan tujuan untuk memelihara, meningkatkan kemampuan dan ketrampilan teknik serta kerja sama taktis satuan tingkat peleton baik aspek darat maupun laut.

Komandan Batalyon Marinir Pertahanan Pangkalan (Danyonmarhanlan) IX Ambon Mayor Marinir Datuk Sinaga selaku Pimpinan Latihan (Pimlat) dalam evaluasi latihan mengucapkan terima kasih kepada seluruh personel yang terlibat atas kelancaran dalam latihan sehingga berjalan sesuai dengan yang diharapkan. Danyon juga menambahkan bahwa latihan ini merupakan aplikasi tugas dan fungsi untuk melihat sejauh mana personel memahami, mengetahui dan mampu melaksanakan tugas dan fungsi jabatan dalam Raid Amfibi.

Smber: Dispen Kormar

No comments:

Post a Comment