Monday, May 10, 2010

Rusia Akan Kembangkan Pangkalan AL di Sevastopol


10 Mei 2010 -- Rusia berencana fokus mengembangkan infrastruktur sosial dan militer di pelabuhan Sevastopol di Semenanjung Krimea, ungkap Duta Besar Rusia untuk Ukraina Mikhail Zurabov pada wartawan setelah parade militer di Sevastopol, Minggu (09/05).

Rusia menyewa Pangkalan Angkatan Laut Armada Laut Hitam di Sevastopol, Ukraina yang telah diperpanjang hingga 25 tahun setelah masa sewa saat ini berakhir 2017. Kesepakatan penyewaan pangkalan telah diratifikasi oleh parlemen Rusia dan Ukraina April kemarin. Penyewaan pangkalan mungkin diperpanjang lima tahun.

Presiden Rusia Dimitry Medvedev telah memerintahkan Kementerian Pertahanan Rusia menyiapkan sebuah rencana pengembangan pangkalan Sevastopol dalam beberapa bulan kedepan, dimana memainkan peranan penting dalam memastikan kehadiran Rusia di wilayah Laut Hitan dan Mediterania.

Oposisi Ukraina menentang kehadiran Armada Rusia di Krimea karena mengancam kedaulatan dan integritas negara. Sedangkan pendukung kesepakatan penyewaan, pangkalan menjadi katalis hubungan saling menguntungkan antara Kiev dan Moskow.

RIA Novosti/@beritahankam

No comments:

Post a Comment

Post a Comment