Monday, May 10, 2010

Koarmabar Tangkap 4 Kapal Ikan Thailand

Korvet kelas Parchim KRI Pati Unus-384. (Foto: den bagus)

09 Mei 2010, Jakarta -- – Kapal Perang Republik Indonesia (KRI) Pati Unus-384 yang merupakan unsur di jajaran Komando Armada RI Kawasan Barat (Koarmabar) berhasil mengamankan dua kapal ikan asing berbendera Thailand saat sedang melaksanakan Operasi Alur Pari-10 di Perairan Utara Pulau Natuna, Laut Cina Selatan.

Kepala Dinas Penerangan (Kadispen) Armabar Letkol Laut (KH) Drs. Supriyono di Markas Komando Koarmabar Jalan Gunung Sahari No. 67 Jakarta Pusat, Minggu (9/5) mengungkapkan, kedua kapal Thailand tersebut bernama Por Lertsunant-4 berbobot 80 GT jenis kapal ikan asing yang dinahkodai Mr. Thea dengan anak buah kapal 9 orang dan Jitruangporn-1 berbobobt 110 GT jenis kapal ikan asing yang dinahkodai Mr Pragas dengan 12 anak buah kapal.

Kedua kapal tersebut dihentikan dan diperiksa KRI Pati Unus-384 saat sedang melakukan kegiatan penangkapan ikan di ZEEI Laut Cina Selatan.

Dari hasil pemeriksaan diketahui kedua kapal yang melakukan kegiatan penangkapan ikan di Zone Ekonomi Eksklusif Indonesia tidak dilengkapi dengan dokumen yang sah dari Pemerintah Indonesia dan masing-masing kapal yakni Por Lertsunant-4 telah menangkap ikan campuran kurang lebih 90 Kg serta Jitruangporn-1 telah menangkap ikan campuran kurang lebih 4.000 Kg.

Untuk proses hukum lebih lanjut kedua kapal tersebut dikawal menuju Pangkalan TNI Angkatan Laut (Lanal) Tarempa.

Dispenal

No comments:

Post a Comment

Post a Comment