Tuesday, May 11, 2010

Lima Negara akan Berpartisipasi dalam Sail Banda 2010

Kapal rumah sakit milik AL AS USNS Mercy T-AH19 akan berpartisipasi di Sail Banda 2010. USNS Mercy sebelumnya kapal tanker sebelum diubah menjadi kapal rumah sakit. (Foto: maritimequest.com)

10 Mei 2010, Jakarta -- Tentara Nasional Indonesia Angkatan Laut serta Angkatan Laut dari lima negara sahabat akan ikut berpartisipasi dalam salah satu kegiatan di Sail Banda 2010 yakni operasi Bakti Surya Baskara Jaya.

"Ada Angkatan Laut lima negara sahabat yang ikut berpartisipasi dalam salah satu acara Sail Banda," kata Sekretaris Menteri Koordinator bidang Kesejahteraan Rakyat (Sesmenkokesra) Indroyono Susilo di Jakarta, Senin (10/5).

Angkatan Laut dari lima negara tersebut adalah Amerika Serikat, Australia, Selandia Baru, Singapura, dan Malaysia.

"Amerika Sertikat akan menurunkan kapal rumah sakit terbesar milik Angkatan Laut AS USNS MERCY T-AH19 sedangkan negara lainnya menurunkan kapal Angkutan Laut lainnya.

"Kapal ini panjangnya 273 meter dan membawa 956 tenaga medis dan paramedis," katanya seraya menambahkan, kapal ini akan bergerak dari Maluku bagian utara hingga selatan.

KRI dr Soeharso akan mendampingi kapal ini memberikan layanan kesehatan.

Sesmenkokesra juga menambahkan, operasi Bakti Surya Baskara Jaya merupakan kegiatan yang didukung oleh beberapa kementerian dan lembaga serta TNI Angkatan Laut dan Kementerian Koordinator bidang Kesejahteraan Rakyat menjadi koordinatornya.

Operasi Bakti Surya Baskara Jaya akan melakukan kegiatan bakti sosial dan bantuan kesehatan bagi masyarakat yang berada di Maluku bagian utara hingga selatan.

"Kegiatan operasi diantaranya bantuan kesehatan, operasi bibir sumbing dan lain sebagainya," katanya.

MI.com

No comments:

Post a Comment

Post a Comment