Friday, May 14, 2010

Dansatgas POM TNI Konga XXV-B/UNIFIL Tinjau Daerah Operasi Dari Udara

Markas Satgas POM TNI di UN Pos 7-3 Marjayoun, Libanon, dari udara. (Foto: Puspen TNI)

14 Mei 2010, Lebanon -- Komandan Satgas (Dansatgas) POM TNI Kontingen Garuda XXV-B/UNIFIL (United Nations Interim Forces In Lebanon), Letkol Cpm Ekoyatma Parnowo didampingi oleh Perwira Penghubung (Liaison Officer) - Kapten POM Edi Cahyadi, Dantim PM - Kapten POM Muhammad Achyar dan Perwira Penerangan - Lettu Laut (KH) Muhammad Dahlan serta Komandan Spainair (unit Hellycopter Batalion Spanyol) - Kapten Rudriguez, melakukan peninjauan melalui udara di atas daerah operasi Satgas POM TNI pada hari Kamis (13/5).

Penerbangan peninjauan udara yang berlangsung selama satu jam dan pada ketinggian sekitar 200 feet di atas permukaan laut bertujuan untuk mendapatkan image udara yang up to date dari setiap titik patroli dan titik pengecekan di darat. Ini merupakan peninjauan kedua yang dilakukan oleh Satgas POM TNI, dimana sebelumnya telah dilaksanakan pada bulan Desember 2009 lalu.

Dengan hasil peninjauan udara tersebut akan dapat digunakan dalam mendukung kelancaran kegiatan operasional di lapangan yang dinamis. Hal ini jelas akan membantu dalam memperhitungkan kelebihan dan kekurangan dari check poin yang ada, sehingga dapat dijadikan bahan pertimbangan komandan dalam mengambil kebijaksanaan berkaitan dengan operasional prajurit POM TNI di lapangan.

Dansatgas POM TNI sangat senang dengan hasil peninjauan udara tersebut, karena seluruhnya berjalan lancar dan aman serta terdukung oleh cuaca yang cerah dan cukup stabil. Hal ini sangat membantu kegiatan pengambilan citra udara terhadap target-target yang telah ditentukan sebelumnya.

Ke depan telah diprogramkan adanya joint exercise atau latihan bersama antara Satgas POM TNI, Unit Hellycopter Batalion Spanyol dan Kompi Medis China atau Chinmedcoy untuk kerja sama dalam bidang Casevac (casualty evacuation) atau evakuasi kecelakaan dan Medivac (medical evacuation) atau evakuasi medis. Dalam kerja sama ini setiap unsur akan berperan sesuai fungsinya, dimana Satgas POM TNI akan bergerak di bagian pengawalan dan pengamanan, unit hellycopter akan menjalankan fungsinya dalam pengangkutan evakuasi dan Chinmedcoy yang bergerak mengambil tindakan medis selama proses evakuasi berlangsung.

Marjayoun, salah satu kota kecil di Libanon. Peninjauan udara ini bertujuan untuk mendapatkan image udara yang up to date dari setiap titik patroli dan titik pengecekan di darat. (Foto: Puspen TNI)

Dansatgas POM TNI Konga XXV-B/UNIFIL Letkol Cpm Ekoyatma Parnowo meninjau daerah operasi dari udara dengan didampingi Perwira Penghubung Kapten POM Edi Cahyadi, Dantim PM Kapten POM Muhammad Achyar dan Perwira Penerangan Lettu Laut (KH) Muhammad Dahlan serta Komandan Spainair Kapten Rudriguez. (Foto: Puspen TNI)

Peninjauan dari udara daerah operasi Satgas POM TNI ini berlangsung selama satu jam pada ketinggian sekitar 200 feet di atas permukaan laut. (Foto: Puspen TNI)

Puspen TNI

No comments:

Post a Comment

Post a Comment